Kita Pancasila


[PORTAL-ISLAM.ID]  Dalam menyambut Hari Kesaktian Pancasila, sahabat merangkap mahaguru berpikir sederhana saya, Letnan Jendral Purnawirawan TNI Antonius Suryo Prabowo berbagi sebuah naskah kontemplasi dengan judul “KITA PANCASILA”

Kontemplasi

Naskah kontemplasi perwira TNI AD korps Zeni alumni AKABRI dengan anugrah Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama sebagai taruna lulusan terbaik yang akrab saya panggil pak SP itu layak kita renungi bersama.

Terutama di tengah kemelut perselisihan paham bangsa Indonesia yang sedang sibuk belajar berdemokrasi sehingga kerap lupa kepada Pancasila.

Pancasila

Pengingatan pak SP adalah sebagai berikut: "Paling tidak bila dalam berteman dan berbagi kasih tidak harus dengan yang seiman, dan selalu menghormati nilai-nilai kemanusiaan, apalagi ketika sedang berkuasa dan memegang senjata.

Sementara itu dapat menyelesaikan konflik dengan semangat persatuan, dan dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama diupayakan lebih dahulu dimusyawarahkan, bukan dengan transaksi uang, sehingga dapat diperoleh keputusan yang adil bagi kita semua.

Itu saja. Dirgahayu Pancasila, semoga tetap tangguh dan sakti menjaga persatuan bangsa dan negara."

Penulis: Jaya Suprana
Loading...