Demonstran Hong Kong Kini Menyasar Toko-toko Berbau China Dihancurkan


[PORTAL-ISLAM.ID]  Demo di Hong Kong semakin panas. Toko yang ber label China dihancurkan.

Perusahaan terkait China menjadi sasaran selama protes di Hong Kong.

Tidak hanya toko-toko berbau China, tetapi apapun yang berbau China menjadi sasaran.

Dilansir South China Morning Post, Selasa (8/10/2019), para pengunjukrasa mengarahkan permusuhan terhadap toko-toko China, termasuk gerai Bank of China dan rantai makanan Maxim.

Imigran baru ke kota mengatakan mereka menjadi semakin cemas setelah melihat protes terhadap RUU ekstradisi bermutasi menjadi kampanye kekerasan terhadap semua hal China.

Di kota di mana bahasa Kanton adalah bahasa setempat, penutur bahasa Mandarin mengatakan bahwa mereka diam di depan umum dan bahkan menyuruh anak-anak mereka untuk berbicara bahasa Inggris agar tidak menjadi sasaran

"Saya tidak bisa mengerti mengapa berbicara bahasa Mandarin sekarang adalah dosa di Hong Kong," kata "Mary", 35 tahun yang bekerja di industri keuangan.

Beberapa minggu yang lalu, penduduk asli provinsi Guangdong selatan mengatakan dia sedang mengobrol dalam bahasa Mandarin dengan seorang teman di Kowloon Barat ketika seorang pemuda berjalan melewatinya dan mulai meneriakkan kata-kata kotor kepada mereka dan mengatakan bahwa mereka harus "kembali ke daratan Cina".

Setelah hampir empat bulan protes di Hong Kong, yang bersumber dari perselisihan mengenai RUU ekstradisi yang sekarang sudah ditarik, ada rasa takut yang tumbuh di dalam komunitas tertentu, dan paling tidak di antara mereka yang pindah ke kota dari daratan Cina.

[Video]
Baca juga :