UNIVERSITAS GADJAH MATI


UNIVERSITAS GADJAH MATI

Gajah atau Ganesha adalah simbol pengetahuan. Ganesha sering digambarkan memegang cawan. Cawan melambangkan ilmu yang tiada habis-habisnya yang dihimpun pada diri Ganesha.

Dalam konteks modern, universitaslah lembaga yang mengembangkan pengetahuan. Pengetahuan diproduksi melalui spirit terus bertanya dan mencari. Maka prosesnya disebut "research" (dari kata "re" dan "search" -terus mencari pengetahuan untuk menemukan kebenaran).

Berbagai gagasan, ide, premis dan teori dikontestasikan dalam universitas. Perbedaan pendapat itu biasa. Pertarungan gagasan bahkan harus disajikan ketika para sarjana menulis "literature review".

Universitaslah yang seharusnya menjadi lembaga untuk memperdebatkan berbagai gagasan yang berbeda.

Universitas yang tidak memiliki keberanian mendialogkkan perbedaan pandangan adalah universitas pengecut. Tentu dia bukan sang Gadjah Ganesha yang menghidupkan semangat berdialog dan berdebat untuk menggapai pengetahuan. Dia gadjah yang telah mati. Universitas Gadjah Mati.

(Endro Dwi Hatmanto)

UNIVERSITAS GADJAH MATI Gajah atau Ganesha adalah simbol pengetahuan. Ganesha sering digambarkan memegang cawan. Cawan...
Dikirim oleh Endro Dwi Hatmanto pada Rabu, 09 Oktober 2019
Loading...