SANGAR! Bela Esemka, Warganet Siap Ngamuk di Situs Alibaba


[PORTAL-ISLAM.ID]  Esemka Bima, sejenis pick-up yang konon diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) ramai disebut identik dengan mobil pabrikan Tiongkok, Changan Star Truck.

Menanggapi ramainya pembicaraan mengenai kemiripan Esemka Bima dengan Changan Star Truck, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman mengaku heran. Ia mengatakan dari mana pun asalnya yang penting mobil Esemka sudah ada di Indonesia.

"Mau datang dari bulan kek, darimana itu, yang penting kan ada di situ dia,” ujar Luhut saat ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin 9 September 2019.

Luhut bahkan menyalahkan warga yang kritis mempertanyakan asal muasal mobil Esemka Bima.

“Kenapa sih kita senang cari yang anu.. Kan sudah jadi, sudah ada pabriknya. Semua pekerjanya orang Indonesia. Kan baik. Kita ini kurang kerjaan aja yang ngomong-ngomong itu,” kata Luhut, seperti dikutip JawaPos.

Padahal, setahun yang lalu, Sekretaris Desa Demangan, Heri Listanto, mengungkap adanya truk kontainer yang mengangkut mobil-mobil pick up menuju Pabrik SMK  beberapa waktu lalu.

Dia mengaku melihat iring-iringan truk kontainer tersebut saat melintas di depan rumahnya.

"Malam hari, diangkut truk kontainer," kata Heri Listanto, kepada para wartawan di kantor desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Senin, 22 Oktober 2018 seperti dirilis Detikcom.

Kengototan pemerintah yang menyatakan bahwa Esemka Bima diproduksi di Indonesia menyebabkan warganet geram. Mereka pun tak segan memprotes situs Alibaba yang menjual mobil Changan Star Truck yang sangat identik dengan Esemka Bima.


"Wuidih.. Labrak Boeng..Paten!" cuit @KakaLebah.

"Sangar amat, Pak Bos? 😂 Katanya NKRI harga mati, wkwkwk," cuit @sanzaheiya.
loading...
Loading...