Erdogan: Anggaran Pendidikan Turki Naik dari Rp 18 Triliun Menjadi Rp 276 Triliun Sejak AKP Berkuasa


[PORTAL-ISLAM.ID] ISTANBUL - “Kita sekarang perlu fokus pada masalah yang membutuhkan lebih banyak upaya dan waktu, seperti meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dalam pidatonya pada upacara pembukaan tahun akademik 2019-2020 di Istanbul, Senin (09/09/2019).

Anggaran Kementerian Pendidikan Nasional meningkat dari 7,5 miliar lira Turki (sekitar $ 1,3 miliar/Rp 18 triliun) menjadi 114 miliar lira Turki (hampir $ 19,9 miliar/Rp 276 Triliun) sejak Partai AKP berkuasa pada tahun 2002, kata Erdogan di sebuah sekolah menengah di Istanbul. (sebagai perbandingan, Anggaran Pendidikan RI 2019 Rp 48,4 Triliun -red)

“Kami telah memperluas peluang beasiswa kepada siswa kami, terutama bagi mereka yang tidak memiliki sumber keuangan, untuk memastikan akses yang setara dan adil terhadap peluang pendidikan,” kata Erdogan, menambahkan bahwa mereka mendistribusikan buku teks gratis di semua sekolah.

Erdogan juga menambahkan bahwa infrastruktur teknologi dari kelas-kelas sekolah telah direnovasi secara menyeluruh dan 1,5 miliar tablet telah dibagikan kepada siswa dan guru.

Sumber: Anews/Turkinesia

Loading...