Demo di Kantor Gubernur Riau Ricuh, Sejumlah Mahasiswa Terluka Dilarikan ke Rumah Sakit


[PORTAL-ISLAM.ID]  PEKANBARU - Aksi demonstrasi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau di depan Kantor Gubernur Riau, pagi ini, Senin (16/9/2019), berakhir ricuh. Beberapa mahasiwa terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena terluka akibat terpukul aparat kepolisian dan Satpol PP Riau. Begitu juga dengan aparat kepolisian juga terluka akibat bentrok.

Aksi bentrok ini terjadi setelah ratusan mahasiswa memaksa untuk masuk ke dalam Kantor Gubenrur Riau, untuk bertemu Gubernur Riau. Namun aparat keamanan menolak dan terjadi aksi dorong, dan terjadilah bentrok antara mahasiswa dan aparat keamanan.

Tampak beberapa mahasiswa harus dibawa ke rumah sakit. Begitu juga dengan aparat kepolisian yang terkena pukulan mahasiswa. Hingga berita ini diturunkan ratusan mahasiswa masih bertahan di depan Kantor Gubernur Riau.

Walaupun mendapat adangan dan sebagian kawan-kawannya dilarikan ke rumah sakit, ratusan mahasiswa UIN masih tetap berorasi sampai bertemu dengan Gubernur Riau, Syamsuar. Mahasiswa meneriakkan turunkan Gubernur Riau yang mereka nilai gagal menyelesaikan Karhutla.

“Turunkan Gubernur Syamsuar, copot Kapolda. Mereka telah gagal menangani Karhutla di Riau,” teriak mahasiswa secara bersama.

“Pemimpin pengkhianat dan tidak berpihak kepada masyarakat. Tidak ada lagi kompromi dan diskusi kepada mereka yang menjadi budak-budak dan penjilat penguasa negeri ini,” teriak mahasiswa lagi.

Dalam orasinya, mahasiswa juga mengecam seluruh bentuk tindakan pelanggaran pembakaran Karhutla, yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan menimbulkan asap yang menyelimuti Riau

Mahaiswa juga menuntut Pemprov Riau mencabut izin operasional korporasi yang terlibat Karhutla.

“Kami menuntut menberikan sanksi kepada korporasi yang terlibat karhutla untuk menanggung seluruh kerugian masyarakat Riau. Menuntut Gubernur Riau mundur dari jabatannya jika tidak bisa menyelesaikan masalah Karhutla. Menuntut Presiden melalui Kapolri untuk mencopot Kapolda Riau dan jabatannya karena gagal menangani kasus Karhutla,” teriak mereka.

“Turunkan Gubernur Riau, Kapolda Riau, Riau dibakar bukan terbakar,” teriak mahaiswa lagi.

Aksi demo mahasiswa ini masih dalam pengamanan aparat kepolisian dan Satpol PP Riau. Di tengah aksi demo mahasiswa UIN ini juga berlangsung apel siaga Karhutla, di halaman Kantor Gubernur Riau.

Sumber: Riaumandiri.id

[Video]
Loading...