Papua Mencekam! Internet mati, Telekomunikasi mati, Listrik mati, Telkom dibakar, Toko dijarah, Rutan dijebol.. Jokowi masih sempat terpingkal


[PORTAL-ISLAM.ID]  Papua Mencekam! Internet mati, Telekomunikasi mati, Listrik mati, Telkom dibakar, Toko dijarah, Lapas dijebol... dan Jokowi masih sempat terpingkal-pingkal dihibur pelawak..

Jayapura Mencekam Malam Tadi: Kaum Wanita Ikut Meronda, Pertokoan Dijarah

Kondisi Kota Jayapura, Papua mencekam pada malam tadi pasca demo berakhir rusuh. Sejumlah pertokoan dijarah dan warga pun harus meningkatkan keamanan.

Warga di Kota Jayapura malam tadi meningkatkan keamanan lingkungan sekitar pascademo berakhir rusuh. Bahkan kaum wanita pun ikut meronda untuk menjaga keamanan lingkungan di sekitar mereka.

Dikutip dari laporan Antara di Dok 8 Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura, Kota Jayapura, Jumat (30/8/2019), para warga terlihat secara bergiliran melakukan ronda sejak malam hari dalam keadaan gelap dan tanpa adanya jaringan komunikasi.

Sementara itu sejumlah warga lainnya memilih bertahan dan menginap di kantor atau fasilitas milik negara. Mereka memilih untuk tidak pulang ke rumah karena pada Kamis (29/8) malam situasi belum bisa dipastikan kondusif.

Pantauan di sejumlah titik di Kota Jayapura pada Kamis (29/8) malam hari, tampak jalan raya dalam keadaan gelap karena listrik padam dan banyak jalur yang masih diblokir warga. Selain itu batu-batu hingga botol kemasan air sisa demo berakhir rusuh masih berserakan di jalan.

Bangunan-bangunan yang dibakar juga masih mengeluarkan asap. Terlihat di sejumlah jalan Kota Jaya Pura terjadi aksi penjarahan pada toko-toko yang dibakar sehingga banyak warga yang memilih jalan lain.

Sekitar jam 21:00 WIT, massa yang menduduki kantor Gubernur Papua di Jayapura baru membubarkan diri.

Sebelumnya terjadi unjuk rasa yang berujung rusuh di kota Jayapura, Kamis (29/8/2019). Unjuk rasa yang dimulai sejak pagi waktu setempat tersebut berlangsung hingga petang.

Link: https://news.detik.com/berita/d-4686376/jayapura-mencekam-malam-tadi-kaum-wanita-ikut-meronda-pertokoan-dijarah

Kantor Telkom Dibakar Massa

Kantor Telkom Indonesia yang terletak di Jayapura, Papua dibakar oleh massa demo. Hal ini dibenarkan oleh Manager Media Relation Telkomsel Singue Kilatmaka.

"Benar, karena itu Grapari tutup karena terletak sama dengan kantor Telkom. Yang dibakar kantor Telkomnya," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/8).

Sebelumnya, dikutip dari kantor berita Antara, hasil pemantauan melihat dari kejauhan Kantor Pos dan Kantor Telkomsel Jayapura terbakar.

"Antara juga melihat dari kejauhan Kantor Pos dan Kantor Telkomsel Jayapura terbakar. Massa juga membakar mobil di jalan serta melempari gedung pertokoan dan perkantoran," tulis Antara.

Link: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190829161725-185-425821/demo-di-jayapura-kantor-telkom-dibakar-massa

Gedung MRP Dibakar, Rutan Dijebol

 Demonstrasi berujung kerusuhan terjadi di Kota Jayapura, Papua. Massa memenuhi jalan dan merusak bangunan yang dilewati.

Menko Polhukam Wiranto sudah menerima laporan mengenai kondisi terkini di Jayapura. Wiranto menyesalkan tindakan anarkistis yang merugikan.

"Hari ini saya juga mendapat laporan demo yang berjalan di Abepura ke Jayapura sudah membakar gedung MRP, ya menjebol rumah tahanan," kata Wiranto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Link: https://news.detik.com/berita/d-4685643/jayapura-rusuh-wiranto-gedung-mrp-dibakar-rutan-dijebol

***

Jokowi Terpingkal-pingkal Dihibur Wayang dan Pelawak Kirun di Purworejo

Presiden Jokowi menyaksikan pentas wayang kulit di Purworejo, Jawa Tengah tadi malam. Jokowi terlihat berkali-kali tertawa terpingkal-pingkal menyaksikan ulah pelawak Kirun yang tampil di tengah peetunjukan wayang.

Didampingi oleh ibu negara Iriana dan pejabat lainnya, Jokowi menyaksikan pertunjukan wayang kulit yang digelar di Alun-alun Kota Purworejo, Kamis (29/8/2019) malam.


[Video Papua]
loading...
Loading...