Soal Papua, Ini Saran Fahri Hamzah


Sekarang,
Kita tau pentingnya Jalan Pikiran...melebihi Jalan Fisik...
Sebuah bangsa lahir karena ide-ide yang dipeluk bersama...jika kita tak lagi saling bicara..lalu saling mengumpat...teriris rasa dan luka...maka bara api menyebar di jalan-jalan kota...maka bacalah dan bicara.

Media internasional menyorot blokir atas internet. Saya mohon @kemkominfo menghentikan blokir media sosial dan segera mengaktifkan jalan pikiran...jangan larang orang bicara...biarkan orang menyampaikan berita apa adanya...agar kita tau apa isi hati dan kepala...

Jangan biarkan orang mengangkat senjata karena tak bisa berkata2...dengarkan orang bicara sampai puas...sampai keluar semua perih dan luka...setelah itu, ajaklah rakyat bicara...rakyat itu menyimpan kearifan...asal pemimpin punya ruang hati yang luas..kebaikan akan tumpah ruah..

Para pejabat yang merasa bahwa kunci dari ketenangan dan perdamaian adalah blokir sesungguhnya mereka punya kaki sebagian masih berada di masa lalu...they are not belong to our century...kita tidak bisa lagi hidup dalam ketakutan pada kata2...jalan pikiran harus dibuka...

Maka,
Marilah kita merayakan demokrasi dan kebebasan ini dengan mengisi ruang publik yang tersedia...jangan takut dengan kata2, ia tidak membuat luka dan darah...karena percakapan adalah jalan pikiran...pikiran akan menata perilaku dan perbuatan...menuju peradaban bangsa..

(dari twit @Fahrihamzah 30/08/2019)

[Video Fahri]
loading...
Loading...