Jakarta Semakin Bahagia Warganya


Jakarta, Bahagia Warganya...

Itu salah satu visi mas Anies dalam membangun Jakarta. Masih ingat ya? Maju kotanya, bahagia warganya. "Sebab kota bukan hanya soal gedung-gedungnya, tapi manusianya", begitu pernah dikatakan Anies.

👉Secara FISIK. Ada proyek revitalisasi trotoar agar pejalan kaki lebih nyaman berjalan. Ada proyek ducting yang memasukkan kabel ke dalam tanah agar tak lagi semerawut. Ada pembangunan 53 Taman Maju Bersama tahun ini agar kota menjadi lebih hijau. Ada program penanaman 100.000 bougenville dan 2 juta tanaman agar udara kota lebih nyaman. Ada peluncuran 7 langkah aksi demi memperbaiki kualitas udara Jakarta. Ada rencana pembangunan ITF yang mengolah sampah menjadi listrik. Pembangunan sistem transportasi terpadu. Masih banyak lagi.

👉Secara KULTURAL. Mas Anies mendorong dibuatnya ruang publik yang nyaman bagi interaksi warga. Ada pembangunan spot budaya di stasiun Dukuh Atas. Ada proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki. Ada penyelenggaraan musik tepi barat. Ada penyewaan sepeda di Monas. Ada kompetisi olah raga sepanjang tahun.

👉Secara SOSIAL. Mas Anies memprioritaskan bantuan sosial bagi mereka yang papa, yang terpinggirkan. Ada program KJP Plus, Kartu Pekerja, Kartu Lansia, Kartu Mahasiswa Unggul. Ada program pangan murah sebulan sekali bagi warga tertarget. Ada program rusun sewa. Ada program pendampingan UMKM. Agar wong cilik tak hanya bisa bertahan tapi juga naik kemampuan ekonomi dan status sosialnya.

Dan yang terpenting adalah bahwa semua program Pemprov DKI melibatkan PERAN AKTIF warga. Kolaborasi, co-kreasi. Maka dibuatlah tim-tim kerja yang melibatkan unsur masyarakat dalam beberapa proyek pembangunan kota strategis. Maka dibuatlah lomba-lomba dalam beberapa proyek pembangunan. Maka dibuatlah ruang partisipasi warga dalam setiap pembangunan Taman Maju Bersama. Maka dibuatlah sistem pengaduan dan keluhan yang kanalnya lebih luas dan lebih up to date, tak hanya menggantungkan pada qlue. Ada banyak ruang partisipasi lain, teman-teman bisa sebut. Pemprov DKI tak hanya mendengar, tapi benar-benar berusaha mengajak warganya berkolaborasi membangun Jakarta.

Ketika visi dinarasikan dengan baik oleh pimpinan kepada jajaran birokrasi. Maka aksi bukanlah hal yang sulit terwujud.

Kini teman-teman bisa mulai lihat hasilnya ya. Jakarta yang maju, Jakarta yang manusiawi. Saya ambil foto-foto dari FB Anies Baswedan dan Pemprov DKI JAKARTA.

19/08/2019

(By Tatak Ujiyati)
Jakarta, Bahagia Warganya... Itu salah satu visi mas Anies dalam membangun Jakarta. Masih ingat ya? Maju kotanya,...
Dikirim oleh Tatak Ujiyati pada Minggu, 18 Agustus 2019
Alhamdulillah, pagi tadi Spot Budaya Dukuh Atas, resmi dibuka untuk warga. Harapannya ini menjadi tempat berkumpul....
Dikirim oleh Anies Baswedan pada Minggu, 18 Agustus 2019
Loading...