RICUH! Tolak Keputusan Megawati, Konfercab PDIP Jatim Ricuh


[PORTAL-ISLAM.ID] SURABAYA - Konferensi Cabang (Konfercab) PDIP Jawa Timur diwarnai kericuhan. Puluhan kader dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) daerah memilih walk out.

Acara tahunan itu digelar di tiga zona, yakni Kota Surabaya, Malang dan Madiun, meliputi kabupaten/kota di sekitar daerah tersebut. Untuk di Surabaya, Konfercab digelar di Hotel Empire Place, Surabaya, Minggu, 7 Juli 2019.

Kericuhan terjadi karena peserta konfercab tidak setuju dan menolak keputusan DPP PDIP yang dipimpin Megawati terkait susunan pengurus baru.

Dilansir medcom.id, kericuhan terjadi saat pembacaan keputusan struktur pengurus ketua, sekretaris dan bendahara DPC Kabupaten Bononegoro. Puluhan pengurus PDIP dari 28 PAC se-Bojonegoro melakukan aksi walk out. Mereka mengaku kecewa karena ketua yang diputuskan DPP PDIP yaitu Abidin Fikri, tidak sesuai aspirasi PAC dalam Rakercab sebelumnya.

"Ayo keluar, keluar. Percuma kita di sini, aspirasi PAC dan kader di bawah tidak didengarkan oleh DPP. Jangan ada dari Bojonegoro yang masih bertahan di lokasi Konfercab," teriak Ebit, salah satu kader PDIP Bojonegoro dari PAC Kecamatan Kota.

Kericuhan dan penolakan juga terjadi atas keputusan Megawati untuk pengurus baru DPC PDIP Surabaya.

Adi Sutarwiyono atau Awi ditunjuk sebagai Ketua DPC PDIP Surabaya menggantikan ketua sebelumnya yang sekaligus Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana.

Nama Awi muncul melalui surat keputusan DPP PDIP dalam Konferensi Cabang (Konfercab) PDIP ke V, Minggu 7 Juli 2019 di Empire Palace, Surabaya. Bahkan saat nama Awi muncul dan tak ada nama Whisnu sebagai Ketua DPC PDIP Surabaya periode 2019-2024, kericuhan dan protes keras muncul dari sejumlah PAC.

Kericuhan dan protes itu muncul lantaran sebelumnya pada Rapat Kerja Cabang (Rakercab) yang digelar DPC PDIP pada 27 Juni lalu, secara aklamasi memilih Whisnu sebagai Calon Ketua DPC PDIP Surabaya.

Konfercab serentak adalah tahapan proses menuju Kongres PDIP yang akan digelar 8-10 Agustus 2019. Kongres akan menetapkan kembali Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP.

Pokok agenda Konfercab adalah pembaruan penugasan DPP PDIP untuk ketua, sekretaris, dan bendahara partai di tingkat cabang kabupaten dan kota.

[Video - Detik-detik Kericuhan Konfercab PDIP]
loading...
Loading...