Dua Tahun Menjabat, 'Gubernur Indonesia' Anies Baswedan Telah Diundang di 7 Negara


[PORTAL-ISLAM.ID]  Dalam dua tahun masa jabatannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah diundang di 7 negara.

Sebutan 'Gubernur Indonesia' yang pernah terucap oleh Mendagri kepada Anies, sepertinya memang benar.

7 Negara yang telah dikunjungi Anies dalam dua tahun masa jabatannya:

(1) MAROKO


Tercatat, Anies mengunjungi negara Maroko pada 16-19 April 2018. Saat itu, Ia datang untuk memenuhi undangan Wali Kota Casablanca Abdelaziz El Omari dalam rangka berpartisipasi dalam 'The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018'.

Di Maroko, Anies juga memberikan kuliah umum di universitas ternama Universitas Hasan II Casablanca.

Saat itu, Anies Baswedan disebut dengan istilah 'Super Gubernur' oleh mahasiswa Universitas Hasan II Casablanca.

"Super Gubernur, jarang ada akademisi yang jadi gubernur. Mau berkolaborasi dengan masyarakat dan tidak takut bertemu dengan akademisi," kata mahasiwa itu dengan logat Prancis, saat sesi tanya jawab.

Anies Baswedan Disebut Super Gubernur oleh Mahasiswa Maroko
https://metro.tempo.co/read/1081442/anies-baswedan-disebut-super-gubernur-oleh-mahasiswa-maroko/full&view=ok

(2) TURKI


Dari Maroko, Anies melanjutkan perjalanan ke Turki, 20-22 April 2018. Di sana, Anies bertemu Wali Kota Istanbul Mevlüt Uysa dan kunjungan ke ISKI (Istanbul Water and Waste Management).

Bertemu Wali Kota Istanbul, Anies Ingin Jakarta Belajar dari Turki
https://kumparan.com/@kumparannews/bertemu-wali-kota-istanbul-anies-ingin-jakarta-belajar-dari-turki

Anies juga bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.


3 Hal Menarik dari Pertemuan Gubernur Anies dan Presiden Turki Erdogan
https://megapolitan.kompas.com/read/2018/04/25/06334761/3-hal-menarik-dari-pertemuan-gubernur-anies-dan-presiden-turki-erdogan?page=all

(3) ARGENTINA

Selanjutnya, Anies mengunjungi Argentina pada 28-29 Oktober 2018 menjadi pembicara pada pertemuan Urban 20 Mayors Summit (U20) di Buenos Aires.

Urban 20 Summit merupakan pertemuan para pemimpin 25 kota utama dari negara-negara anggota G20 atau kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa.

Di Argentina ini Anies juga mendapat Gelar Tamu Kehormatan dari Parlemen.


Anies Dapat Gelar Tamu Kehormatan dari Parlemen Buenos Aires
https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/18/10/31/phgarc282-anies-dapat-gelar-tamu-kehormatan-dari-parlemen-buenos-aires

Ini yang Disampaikan Anies sebagai Pembicara di U20 Global Summit di Argentina
https://news.okezone.com/read/2018/10/31/338/1971302/ini-yang-disampaikan-anies-sebagai-pembicara-di-u20-global-summit-di-argentina

(4) Anies mengunjungi Singapura pada 3 Mei 2019 dan menjadi pembicara di sebuah forum mengenai pembangunan kota.

Terbang ke Singapura, Anies Jadi Pembicara di Konferensi Pembangunan Kota
https://news.detik.com/berita/d-4534952/terbang-ke-singapura-anies-jadi-pembicara-di-konferensi-pembangunan-kota

(5) Masih di bulan yang sama, Anies juga mengunjungi Tokyo, Jepang. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kembali menjadi pembicara dalam acara Urban 20 (U20) Mayors Summit sekaligus menghadiri perayaan 20 tahun Sister City antara Jakarta dan Tokyo di Tokyo, Jepang.

Anies menjadi pembicara dalam 3 acara yang berbeda pada 20 Mei dan menjadi panelis dalam sesi pertama tentang Climate Action pada 21 Mei 2019.

Gubernur Anies Jadi Pembicara KTT U20 Mengenai Perubahan Iklim di Tokyo Jepang
https://www.tribunnews.com/metropolitan/2019/05/21/gubernur-anies-jadi-pembicara-ktt-u20-mengenai-perubahan-iklim-di-tokyo-jepang

(6) Termutakhir, Anies mengunjungi Medellín, Kolumbia


Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medellín Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia, Amerika Selatan, pada 10-12 Juli 2019.

Dalam forum ini, Anies menjadi pembicara dalam C40 High-Level Event, yaitu Roundtable Discussion bertema "How to make low carbon mobility in cities a bigger movement?" (Bagaimana cara menekan angka karbon dalam kota sebagai suatu gerakan besar bersama).

Bertolak ke Kolombia, Anies Akan Jadi Pembicara Forum Pemimpin Kota Sedunia

(7) Dari Kolombia dilanjutkan ke Amerika Serikat

Anies Diundang ke Amerika Serikat untuk Jelaskan Persoalan Jakarta dan Indonesia
https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/11/18083711/anies-diundang-ke-amerika-serikat-untuk-jelaskan-persoalan-jakarta-dan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diundang ke Amerika Serikat untuk menjelaskan berbagai persoalan terkini di Jakarta dan Indonesia. Anies diundang oleh organisasi United States-Indonesia Society (USINDO).

USINDO adalah satu-satunya organisasi non-pemerintah yang dibentuk untuk meningkatkan pemahaman Amerika Serikat tentang Indonesia, pengertian Indonesia tentang Amerika Serikat, dan memperkuat hubungan kedua negara dan penduduknya.

Anies akan bertolak ke Amerika setelah menjadi pembicara dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019 di Kolombia. Rute perjalanan Indonesia-Kolombia cukup panjang dan melewati Amerika Serikat. Karena itu, Anies sekaligus memenuhi undangan USINDO.

Anies tercatat beberapa kali menjadi pembicara dalam forum yang digelar USINDO. Pada 2001, saat masih berstatus sebagai mahasiswa S-3 di Illinois, Anies diundang menjadi pembicara di forum itu.

Anies juga pernah menjadi Board of Advisor di USINDO sejak tahun 2009, sebelum dia bertugas di pemerintahan sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan serta gubernur.[]

Loading...