Goodbener Anies Tak Larang Warga Takbiran Keliling pada Malam Lebaran, Malah Akan Dikawal


[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak akan melarang warga untuk melakukan takbiran keliling Jakarta pada malam lebaran. Dengan catatan, warga yang melakukan takbiran keliling bisa berkoordinasi dengan lurah setempat.

"Jadi yang mau mengadakan takbiran keliling koordinasi dengan lurah, nanti kami bantu kawal dengan Dishub, sehingga tertib dan rapih," ujarnya di Puskesmas Kalideres, Jakarta, Senin (3/6/2019).

Anies juga mengatakan nantinya rute takbiran akan ditentukan oleh Dinas Perhubungan agar tertib dan rapi. Dijelaskan Anies bahwa takbiran itu adalah kegiatan turun temurun yang dilakukan masyarakat Indonesia.

Karena itu, ia menegaskan tidak ada alasan bagi pemerintah untuk melarang hal tersebut.

"Intinya bagaimana kegiatan takbiran yang secara tradisional memang memiliki tradisi untuk berkeliling. Dulu berkeliling kampung bawa obor, sekarang berkeliling menggunakan kendaraan," imbuh dia.

Terakhir, Anies meminta agar warga juga menjaga ketertiban selama melakukan takbiran keliling. Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan yang berisiko kecelakaan.

"Yang utama adalah keselamatan, jangan melakukan hal yang berisiko pada keselamatan baik takbiran keliling maupun naik motor, naik mobil yang berisiko pada kecelakaan," tuturnya.

Sidang Isbat Kementerian Agama menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1440 bertepatan tanggal 5 Juni 2019. [CNNIndonesia]