Ancaman Krisis! Lion Air Kesulitan Keuangan, Kini Ajukan Penundaan Pembayaran Jasa di Seluruh Bandara AP I

Body

[PORTAL-ISLAM.ID]  Di tengah kehebohan mahalnya harga tiket pesawat beberapa bulan belakangan ini, mencuat kabat tak sedap terkait kondisi keuangan maskapai Lion Air.

PT Lion Mentari Airlines telah mengajukan permohonan untuk penundaan pembayaran jasa kebandaraan di kuartal I kepada PT Angkasa Pura I (Persero).

Jasa tersebut melingkupi seluruh bandara di bawang pengelolaan PT Angkasa Pura I.

Penundaan ini dilakukan untuk masa waktu Januari hingga Maret tahun 2019 ini.

Berdasarkan surat permohonan yang diterima Kontan.co.id, manajemen Lion Air menyebut penundaan disebabkan tekanan di industri penerbangan sejak tahun lalu.

Pendapatan yang tidak tercapai akibat rendahnya harga jual dan kenaikan-kenaikan biaya yang meningkat menjadi sebab utama.

"Terkait dengan itu, Lion Air sudah melakukan rapat dan menyampaikan surat (kepada AP I). Kondisi sebelumnya dikarenakan ada tantangan bisnis penerbangan," ujar Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Lion Air kepada Kontan.co.id, pekan lalu.

Dengan kondisi tersebut, manajemen Lion Air akan menunda tagihan pembayaran untuk sewa ruangan dan lahan, parking fee, landing fee and aviobridge, check in counter dan baggage handling system.

Hal ini ditujukan kepada seluruh bandara di bawah pengelolaan AP I.

Penundaan pembayaran akan mulai dari tagihan bulan Januari 2019 sampai dengan 31 Maret 2019.

Hal tersebut dilakukan pihak Lion Air untuk menjamin terjaganya kelangsungan operasional penerbangan dan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa angkutan udara dapat terus terpenuhi.

Atas hal tersebut, Corporate Communication Senior Manager PT Angkasa Pura I, Awaluddin menjelaskan masih perlu melakukan cross check terkait surat permohonan tersebut. Dirinya belum mau memberikan informasi lebih jauh mengenai penundaan pembayaran oleh Lion Air.

Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie menyebut kesulitan keuangan Lion Air ini sebagai pertanda krisis penerbangan yang sudah lama diprediksi.

"Ancaman krisis yg sering saya khawatirkan, sekarang sudah di depan pintu. Lion Air Kesulitan Keuangan, Kini Ajukan Penundaan Pembayaran Jasa di Seluruh Bandara AP I," ujar Alvin Lie di akun twitternya, Minggu (9/6/2019).
Baca juga :