Tampil Cemerlang, Sandiaga Uno "Bintang" Debat Terakhir Pilpres 2019


[PORTAL-ISLAM.ID]  Debat kelima yang merupakan debat terakhir Pilpres 2019 mempertemukan kandidat capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan kandidat nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah selesai digelar malam ini, Sabtu, 13 April 2019.

Dari pengamatan pakar dan netizen, yang menjadi "bintang" debat malam ini adalah cawapres 02 Sandiaga Uno yang tampil cemerlang.

"Bang @sandiuno bintang malam ini. 🙏🙏🙏," kata psikolog Dwi Estiningsih di akun twitternya.

"Sandi sangat atraktif dan mempesona dalam menyampaikan pandangan dalam debat. Prabowo-Sandi sangat mengesankan sebagai pasangan yang insya Allah merupakan dream team untuk bangun bangsa dan negara. Prabowo tidak akan menjadikan Sandi sebagai ban serep. Maaf seperti Wapres Pak JK sekarang," ujar Rektor Universitas Ibnu Khaldun Jakarta, Musni Umar, di akun twitternya.

"Publik pasti melihat Sandiaga Uno malam ini benar2 menguasai bagaimana mensejahterakan rakyat, bukan ekonomi “makro-makro hota hai” mobile legend," komen warganet @IndraYunaidi.

Sementara Pakar komunikasi dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, menilai sesi ketiga debat kelima Pilpres 2019, yang salah satunya membahas pajak, dinilai menjadi menarik berkat pernyataan cawapres Sandiaga Uno soal 'akan banyak uang di kantong Anda'.

"Sesi ketiga ini lebih menarik. Jadi Pak Jokowi tentang hal yang lebih besar, dia bicara tentang pajak, dia juga bicara tentang keuangan syariah. Jadi yang menarik di sesi ini adalah Pak Prabowo dan terutama Mas Sandi ini menawarkan sesuatu yang langsung kepada individu masing-masing rakyat Indonesia dengan bahasa yang lebih sederhana, 'akan lebih banyak uang di kantong Anda kalau pilih Prabowo-Sandi'," ujar Hendri, seperti dilansir detikcom, Sabtu (13/4/2019).

Menurut Hendri, tawaran tersebut menjadi menarik karena memang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Hendri menyebut masyarakat saat ini merasakan ekonomi tidak terlalu baik dan berat.

"Jadi tawaran Sandi, tawaran Sandi yang 'to the point' dan simpel sekali, bahwa yang diinginkan oleh masyarakat adalah perbaikan ekonomi, Sandi menawarkan hal yang sangat sederhana dan langsung mudah diingat (dengan pernyataan) 'akan lebih banyak uang di kantong Anda' dengan pajak yang dikecilkan," katanya.

Hendri pun melihat pembahasan Sandiaga terkait pajak cukup baik, selain pembahasan ekonomi syariah.

"Ini menurut saya bagus luar biasa terlepas dari hal-hal dan ide lain yang menjadikan Jakarta sebagai pusat syariah dunia dan menurut saya poin dan pesan kunci yang sangat strong di sesi ini adalah akan banyak uang di kantong rakyat bila Prabowo-Sandi menang. Menurut saya cukup bagus," tuturnya.

Loading...