Sastrawan Saut Situmorang Menggugat HOAX Goenawan Mohammad


[PORTAL-ISLAM.ID]  Di tengah derasnya seruan calon presiden petahana memerangi hoax dengan tidak membuat dan menyebarkan kabar bohong yang mampu memperkeruh suasana politik, seorang budayawan dan jurnalis senior pendukung capres petahana Jokowi justru berkali-kali membuat dan menyebarkan hoax tanpa pernah memperoleh ganjaran hukum atas perbuatannya, padahal kebohongan yang ia buat dan sebarkan jelas merugikan dan mendiskreditkan pihak lain.

Hal ini bertolak belakang dengan hoax yang dibuat dan disebarkan Ratna Sarumpaet yang mengaku dipukuli padahal ia baru saja melakukan operasi plastik. Akibat perbuatannya, Ratna ditangkap. ditahan, dan kini menjalani proses persidangan.

Perbedaan penanganan pihak berwajib atas dua kasus hoax ini membuat Saut Situmorang, sastrawan yang bermukim di Jogja, angkat bicara. Dengan tegas Saut mempertanyakan sikap Polri yang tak juga mengusut Goenawan Mohammad.
Selain Saut, Novelis Puthut EA juga mengatakan hal yang senada.

Seperti diketahui Goenawan Mohammad mengunggah foto manuver pesawat yang membentuk lafaz Allah. Dalam foto dikatakan itu adalah akrobatik dari Australian Air Force.

Namun, ternyata hal itu tidak benar. Diketahui, gambar yang diunggah merupakan peristiwa akrobatik yang dilakukan oleh Tim Jupiter TNI AU, 3 Mei 2017 silam.