Visi Sandiaga Uno Hapus Ujian Nasional (UN) Meniru Keberhasilan Finlandia


[PORTAL-ISLAM.ID] Pada Debat Cawapres tadi malam, Minggu (17/3/2019), Sandiaga Uno memaparkan visi misinya di bidang kesehatan, pendidikan, dan ketenagakerjaan. Di Bidang pendidikan, calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto ini berjanji menghapus Ujian Nasional (UN). Dia juga memiliki program pendidikan tuntas dan berkualitas dengan cara meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

Dewan Pakar Rumah Sandiaga Uno Indonesia Lendo Novo mengatakan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno akan merombak sistem pendidikan. Sandi bakal menghapuskan ujian nasional (UN) jika terpilih dalam Pilpres 2019.

Janji tersebut terlontar setelah Sandi meninjau sistem pendidikan di Finlandia. Indonesia, menurut Lendo, mampu menerapkan sistem tersebut dan besar kemungkinan akan berhasil.

"Finland itu bisa jadi terbaik karena menghapuskan PR, UN, kemudian anak-anak disuruh bergaul. Akhirnya (pendidikan) Finlandia nomor satu di dunia. Yang dilakukan itu menggantikan UN dengan pemetaan bakat," kata dia di Resto d'consulate, Jakarta Pusat, Sabtu, 16 Maret 2019, seperti dilansir medcom.id.

Lando menyebut rencana tersebut benar telah disiapkan Sandi. Anak-anak Indonesia nantinya akan difokuskan untuk pengembangan bakat.

"Itu sudah disiapkan Mas Sandi. Saat bakatnya dipetakan di situlah fokus pendidikan. Kalau bakat sudah keluar, boleh jadi konstruksi pendidikan kita berubah drastis," katanya.

[Vide - Visi Misi Sandiaga Uno]