Erdogan Mengirim Wapres dan Menlu Turki ke Selandia Baru


[PORTAL-ISLAM.ID] Dilansir kantor berita Turki Anadolu Agency, delegasi tingkat tinggi Turki tiba di kota Christchurch Selandia Baru pada hari Minggu (17/3/2019) untuk memberikan penghormatan kepada para korban serangan kembar teroris hari Jumat.

Wakil Presiden Fuat Oktay dan Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu disambut oleh duta besar Turki di Wellington Ahmet Ergin.

Pada hari Senin, mereka diperkirakan akan mengunjungi lokasi di mana serangan berdarah terjadi.

Berbicara pada konferensi pers, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan rasa terima kasihnya atas kedatangan delegasi tingkat tinggi Turki.

Delegasi dari Turki, negara mayoritas Muslim, telah tiba untuk menunjukkan dukungan mereka kepada Muslim, katanya.

Setidaknya 50 orang terbunuh ketika seorang pria bersenjata menembaki para jamaah pada waktu salat Jumat di masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch.

Tiga orang Turki termasuk di antara mereka yang terluka dalam serangan itu.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan pada hari Jumat (15/3/2019) langsung menelpon pimpinan Selandia Baru, Gubernur Jenderal Dame Patsy Reddy, mengutuk keras serangan teror biadab di dua masjid di Christchurch Selandia Baru.

"Atas nama umat Islam saya mengutuk aksi terorisme yang terjadi di negara anda. Saya tunggu nama-nama yang terlibat di belakang aksi ini karena saya tau ini bukan aksi individu. Saya akan kirim wakil dan menteri saya bersama tim ke sana," kata Erdogan melalui telepon.

[Video - Erdogan]
Loading...