DHUAAR! Ungkap Sejarah MRT, Pakar Manajemen Konstruksi HERAN: Kenapa Jokowi yang Resmikan MRT?

Body

[PORTAL-ISLAM.ID]  Yth. Presiden @jokowi ,
Kenapa Anda yang meresmikan @mrtjakarta ?
Padahal status perusahaan BUMD & kepemilikannya 99,99% @DKIJakarta & 0,01% PD Pasar Jaya? Kenapa bukan Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan ?

Cc.
@TopeRendusara
@DonAdam08
@Reiza_Patters
@JackVardan
Yth. Presiden @jokowi

SEJARAH @mrtjakarta

1990 - 1992
Penyusunan Masterplan Angkutan Umum Terpadu Jabodetabek oleh Departemen Perhubungan yang mengusulkan Pola Transportasi Terpadu antara Kereta Api, Light Rail, dan Bus.

1995 - 1996
Basic Design oleh konsorsium Indonesia-Jepang- Eropa dengan kesimpulan bahwa proyek ini tidak layak dilakukan dengan skema pembiayaan swasta penuh (BOT) karena biaya yang dapat ditutup dengan perolehan tiket hanya sebesar 15%.

1999
Revisi Basic Design oleh Departemen Perhubungan yang mengusulkan agar proyek ini dibiayai oleh Pemerintah dengan partisipasi swasta yang minimal.

2000
Studi Kelayakan MRT (Subway) oleh Tim Studi JICA yang menekankan pentingnya pembangunan Subway di Jakarta, dan agar proyek ini layak dibiayai perlu keterlibatan Pemerintah dalam pembiayaannya.

2002
Studi JICA pada Integrated Transportation Master Plan II menekankan prioritas pada pembangunan Subway.

2004
•Kep Gub Prov DKI Jkt No.84 Th 2004 ttg Pola Transportasi Makro (PTM) yg merupakan masterplan penanganan masalah transportasi di Jkt, dng membangun sarana transportasi massal yg prima & terintegrasi dng moda tranportasi lainnya. Sarana transportasi massal dimaksud adl MRT.

• 2 Maret 2004, Gub Prov. DKI Jakarta menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) antara Dephub RI & Pemprov DKI Jakarta tentang Pengembangan MRT dengan prioritas Koridor Lebak Bulus-Fatmawati-Blok M-Monas-Kota.

• Juli 2004, Departemen Perhubungan mengeluarkan Studi Implementation Program for Jakarta MRT System (Lebak Bulus-Dukuh Atas).

2005
• Studi pd th 2004 direvisi Maret 2005 menjadi Revised Implementation Program (Revised IP) for Jakarta MRT System (Lebak Bulus-Dukuh Atas) & digunakan Pemerintah RI mengajukan permintaan kpd Pemerintah Jepang untuk membiayai proyek pembangunan MRT di Provinsi DKI Jakarta.

• Studi oleh Tim Special Assistance for Project Formation (SAPROF) dari JBIC untuk memfasilitasi pembentukan kesepakatan di antara pemangku kepentingan atas proyek ini di Indonesia.

•Desember 2005 diperoleh beberapa kesepakatan yang dituangkan dalam Minutes of Discussion (MoD) yang ditandatangani oleh JBIC, Bappenas, Departemen Perhubungan serta Pemprov DKI Jakarta.

• Agustus 2005, Sub-Komite MRT dibentuk di bawah Komite Kebijakan Percepatan Penyediaan Infrastruktur (KKPPI) untuk mengimplementasikan proses-proses yang diperlukan dalam mendirikan perusahaan operator MRT (MRTC).

2006
• 18 Oktober 2006, Memorandum on Engineering Services (MoES) ditandatangani antara Pemerintah Indonesia dan JBIC sebagai dasar persetujuan pinjaman.

• 28 November 2006, Loan Agreement Tahap 1 (IP-536) ditandatangani berdasarkan syarat-syarat yg sebelumnya telah disepakati dalam Minutes of Discussion (MoD) dan Memorandum on Engineering Services (MoES) mengenai pinjaman sebesar ¥1,869 miliar yg dipergunakan untuk pembiayaan:

1. Konsultasi Penyusunan Basic Design (Engineering Services).
2. Konsultasi Manajemen, untuk membentuk & mengembangkan PT MRT Jkt.
3. Konsultasi Pengadaan, untuk membantu PT MRT Jakarta. melelang Proyek sbg implementasi dr Basic Design yg dihasilkan kegiatan pd butir 1 di atas.

2007
• Revisi UU No. 13 Th 1992 tentang Perkeretaapian menjadi UU No. 23 Th 2007, yg mengatur kewenangan penyelenggaraan sarana & prasarana perkeretaapian yg sedianya dikuasai oleh Pemerintah Pusat melalui BUMN, kini dapat diselenggarakan oleh Badan Usaha yg dibentuk oleh Pemda

•Kajian SAPI (Special Assistance for Project Implementation) dan SAPMAN (Special Assistance for Procurement Management) dilakukan oleh JBIC untuk membantu Departemen Perhubungan dan Pemprov DKI Jakarta

2008
• 17 Juni 2008, PT MRT Jakarta berdiri, setelah terlebih dulu mendapatkan persetujuan DPRD Provinsi DKI Jakarta melalui Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2008 mengenai Pembentukan BUMD PT MRT Jakarta & Perda No. 4 Tahun 2008 mengenai Penyertaan Modal Daerah pada PT MRT Jakarta.

• 28 November 2008, penandatanganan Minutes of Discussion (MoD 2008) sebagai dasar penandatanganan Perjanjian Pinjaman untuk tahap konstruksi MRT.

• 5 Des 2008, penandatanganan Aide Memoir antara JICA & Pem Prov DKI Jakarta utk pelaksanaan PSE Dukuh Atas-Kota-Kampung Bandan, yg ditindaklanjuti oleh JICA dng mengirimkan tim utk melaksanakan FS koridor Selatan-Utara II, Dukuh Atas-Kota-Kmp Bandan, & pre-FS jalur Timur-Barat

2009
• 19 Februari 2009, pengangkatan Direksi Direksi Periode I MRT Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

• 25 Maret 2009, penandatanganan naskah Perjanjian Penerusan Hibah (NPPH) 1 antara Pemerintah RI dengan Pemprov DKI, yg menghibahkan sebagian porsi (LA IP-536) kepada Pemprov DKI Jakarta yang diperuntukkan untuk pengadaan Konsultan Pendampingan Tender dan Konsultan Manajemen.

• 31 Maret 2009, L/A 2 utk pinjaman tahap konstruksi senilai ¥48,15 miliar sbg bagian kedua dari total pinjaman utk Proyek MRT (L/A 2).

• 24 Juli 2009, Penandatanganan NPPH 2 yg menghibahkan seluruh porsi (L/A 2) kpd PemProv DKI Jakarta yg diperuntukkan utk konstruksi MRT.

• 23 November 2009, Basic Design Engineering mulai dilaksanakan di Kementerian Perhubungan.

2010
8 Juli 2010, Minutes of Discussion (MoD) antara JICA, PemProv DKI Jakarta, Bappenas, & Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub. MOD ini membahas perpanjangan rute MRT koridor Selatan – Utara Tahap I dari Lebak Bulus-Dukuh Atas, menjadi Lebak Bulus- Bundaran HI.

Perpanjangan ini dilakukan dng menarik stasiun Bundaran HI yg semula berada di MRT koridor Selatan-Utara tahap II menjadi I. Perubahan ini dilakukan utk meminimalisir dampak lalu lintas pd Masa Konstruksi & mengakomodir kebutuhan turnback facility MRT koridor Selatan-Utara thp I.

2011
• Pelaksanaan lelang fisik Proyek MRT khususnya dilaksanakan krn telah mempunyai payung hukum. Payung hukum tsb telah dikeluarkan Pemerintah Pusat & PemProv DKI Jakarta yg menyatakan seluruh kegiatan MRT, termasuk proses tender, diberikan kewenangannya kpd PT MRT Jakarta.

• Pelaksanaan kegiatan Proyek MRT meliputi Jasa Konsultasi Basic Engineering Design (BED), Jasa Konsultansi Manajemen (MCS), Jasa Konsultansi Pengadaan (TAS), Pekerjaan Sipil dan Peralatan, Jasa Konsultansi Manajemen Operasional (OMCS), dan ...

Jasa Konsultansi Pengelola (CMCS)/Pengawas Pembangunan telah dijelaskan dalam Loan Agreement (L/A 1) dan (L/A 2) serta Naskah Perjanjian Penerusan Hibah (NPPH).

• Desember 2011, sepuluh Konsorsium Kontraktor dinyatakan lolos dalam proses Prakualifikasi Pengadaan fisik untuk Pembangunan Tahap I (Lebak Bulus-Bundaran HI).

• Terbitnya No Objection Letter (NOL) dari JICA atas daftar pendek para Calon Kontraktor Pekerjaan Sipil MRT Jakarta Tahap I pada 7 Desember 2011 yang lolos prakualifikasi.

2012
• 31 Januari 2012, PT MRT Jakarta menggelar rapat penjelasan pelaksanaan lelang (aanwijzing) di kantor PT MRT Jakarta, yang dihadiri jajaran Panitia Pengadaan Konstruksi Sipil MRT, KPK, LKPP dan jajaran Direksi PT MRT Jakarta serta para Calon Kontraktor Sipil.

• PT MRT Jkt membuat pakta integritas pengadaan barang & jasa sesuai dng Etika Perilaku (Code of Conduct) PT MRT Jkt, sbg komitmen menjalankan proses pengadaan sesuai dng ketentuan yg berlaku & tidak menyalahi aturan, sehingga proses pengadaan dpt berjalan lancar & tepat waktu.

• 27 September 2012, dilakukan sosialisasi MRT Jakarta melalui pameran di 7 (tujuh) pusat perbelanjaan di Jakarta.

• 28 September 2012, diumumkan nama-nama nominasi konsorsium pemenang lelang 3 (tiga) Paket Bawah Tanah. Sebagai Konsorsium pertama yang mengerjakan Paket (CP-104, dan CP-105) adalah Shimizu Obayashi sebagai leader-nya dengan anggota Wijaya Karya, dan ...

Jaya Konstruksi Joint Venture. Sedangkan untuk (CP-106) nominasinya adalah Konsorsium Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC) bersama Hutama Karya Joint Operation.

Presiden @jokowi yth,

Demikian Sejarah @mrtjakarta yang saya baca dalam Laporan Tahunan 2017, barangkali Bapak belum membacanya. Mohon dikoreksi kalau ada yang kurang.

Semoga Bapak selalu sehat. Aamiin.
Terima kasih banyak, Pak.

Salam ✌ *Peace, Mr President
*MENJADI PRESIDEN RI ITU BAGIAN DARI TAKDIR.
*Peace ✌🙏❤ðŸ‡ŪðŸ‡Đ
Baca juga :