Jonru: #AbuJandaSaracen, Terbukti Hoax Fitnah Ujaran Kebencian Banyak Datang dari Pendukung Petahana


[PORTAL-ISLAM.ID] Dalam rilis resmi yang dikeluarkan pada 31 Januari 2019, Kepala Kebijakan Keamanan Siber Facebook Nathaniel Gleicher menjelaskan pihaknya telah menghapus ratusan akun yang tergabung dalam jaringan Saracen salah satunya adalah akun Permadi Arya (Abu Janda).

Rilis lengkap: Taking Down Coordinated Inauthentic Behavior in Indonesia
https://newsroom.fb.com/news/2019/01/taking-down-coordinated-inauthentic-behavior-in-indonesia/

Terkait data resmi yang dirilis Facebook tersebut, aktivis sosial media yang pernah dipenjara dengan jeratan UU ITE, Jonru Ginting mengungkap bahwa sekarang terbukti justru fitnah, hoax dan ujaran kebencian banyak datang dari pendukung petahana (rezim).

Berikut selengkapnya pernyataan Jonru yang disampaikan di akun twitternya (@JonruGintingNew) pagi ini, Sabtu (9/2/2019), dengan tagar #AbuJandaSaracen:

1. Bismillah. Sehubungan dgn penutupan fan page abu janda dan dihubungkan dgn Saracen, saya coba membuat kultwit di pagi yg cerah ini. Ayo mulai! #AbuJandaSaracen

2. Saya dulu pertama kali tahu istilah Saracen dari trending topik di Twitter. Saya ketika itu belum tahu Saracen itu apa. Sampai sekarang pun saya masih bingung.

3. Lalu tiba-tiba Jasriyadi ditangkap. Konon katanya Jasriyadi ini bos Saracen.

4. Pengacara Jasriyadi yg kebetulan juga pengacara saya, menjelaskan bahwa dari fakta persidangan, tuduhan Saracen thd jasriyadi tidak terbukti. Dia justru divonis dgn tuduhan illegal access.

5. Saat tampil di #ILCHalalHaramSaracen 29 Sept 2017 lalu, saya jelaskan bahwa fitnah, hoax dan ujaran kebencian justru banyak datang dari pendukung petahana. Karena memang faktanya demikian.

6. Saya sampai dengan sekarang tak terlalu paham apa itu Saracen. Jika Saracen dituduh sbg sarang hoax fitnah dan ujaran kebencian, maka setahu saya justru terbukti banyak sekali pendukung petahana yg seperti itu.

7. Penutupan akun abu janda yg dikaitkan oleh Facebook dgn jaringan Saracen, membuat publik bertanya-tanya: Benarkah #AbuJandaSaracen ???

8. Abu janda berhak protes, berhak mempolisikan Facebook. Jija dikau bukan saracen, saya mendukungmu 1000000 % untuk mempolisikan Facebook. Tapi...

9. ...Tapi terlepas apakah benar #AbuJandaSaracen atau bukan, yang jelas selama ini doi emang hobi sebar hoax fitnah dan ujaran Kebencian.

10. Belum ada kabar apakah polisi akan mengusut keterlibatan abu janda dgn saracen. Tapi bagaimanapun kami kubu oposisi bahagia atas penghapusan akun abu janda. Sebab....

11. ... Sebab selama ini kami sudah sangat jengah melihat hukum yg sangat berat sebelah. Tajam ke oposisi tumpul ke pro petahana. Yg oposisi dicari2 kesalahannya. Yg pro petahana aman2 saja walau udah jelas2 menghina, ujaran kebencian dst.

12. Semoga kasus abu janda ini bisa membuat para buzzer dari pro petahana mulai MIKIR. Hari ini abu janda yg kena gulung. Mungkin besok giliran anda. Beking anda tidak selamanya berkuasa. Camkan itu!!!