Fahri Hamzah: Pengakuan Menkeu Membuktikan Prabowo Benar


[PORTAL-ISLAM.ID] Menkeu: Investor Ingin Miliki Unicorn RI karena Incar Data Konsumen

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengingatkan bahwa banyak investor global yang ingin memiliki saham perusahaan teknologi rintisan Indonesia skala besar atau unicorn karena mengincar kepemilikan data kegiatan ekonomi masyarakat yang kemudian dapat diolah menjadi produk menguntungkan.

Sri Mulyani mengatakan tidak perlu heran jika melihat saat ini banyak perusahaan unicorn (perusahaan rintisan bervaluasi di atas US$ 1 miliar) yang diminati investor global, padahal perusahaan tersebut tergolong baru dan belum begitu menjanjikan.

Investor-investor tersebut, kata Menkeu, mengincar kekayaan data yang dimiliki perusahaan unicorn. Data yang merekam kegiatan ekonomi, terutama kegiatan konsumsi dan transaksi masyarakat, kata Sri, menjadi komoditas baru yang berharga dalam kegiatan ekonomi saat ini.

"Begitu banyak unicorn kita yang masih baru, begitu banyak orang investasi di sana, mereka hanya membakar uang, karena mereka pengen tahu mining-nya (penambangan data) ketika itu menjadi sebuah aset. Kemudian, valuasi asetnya akan muncul dan aset itu yang diincar," ujar Menkeu yang berbicara dalam peluncuran data sampel BPJS Kesehatan di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Sri menganalogikan nilai kepemilikan data ekonomi masyarakat saat ini sama dengan nilai komoditas tambang di Indonesia yang dulu selalu menjadi incaran perusahaan-perusahaan global.

Link: https://www.beritasatu.com/ekonomi/540056-menkeu-investor-ingin-miliki-unicorn-ri-karena-incar-data-konsumen.html

***

PENGAKUAN dan PERNYATAAN MENKEU soal 'unicorn' yang sempat heboh saat debat capres ini ditanggapi Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah sebagai bukti KEBENARAN pernyataan Prabowo saat menanggapi Jokowi.

"Berati pak @prabowo bener dong...," kata Fahri singkat, padat, tepat ke ulu hati.
Baca juga :