Prabowo Sebut Gaji Dokter Lebih Kecil dari Tukang Parkir, IDI Benarkan Banyak Dokter Digaji di Bawah Rp3 Juta


[PORTAL-ISLAM.ID] Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr Daeng M. Faqih menanggapi pernyataan calon presiden Prabowo Subianto yang menyebut gaji dokter lebih rendah dari penghasilan juru parkir.

Daeng mengatakan saat ini masih banyak dokter umum di berbagai daerah yang berpenghasilan di bawah Rp3 juta.

Dia mengambil contoh dokter golongan 3A yang mengantongi gaji pokok Rp2,4 juta per bulan. Ditambah penghasilan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sekitar Rp500 ribu. Sehingga penghasilan total sekitar Rp2,9 juta.

"Memang masih banyak dokter, terutama dokter umum yang berada di garda depan, penghasilannya di bawah Rp3 juta," kata Daeng kepada CNNIndonesia.com, Selasa (15/1).

Dia mengatakan jika tidak ada insentif dari Pemerintah Daerah, maka penghasilan dokter kurang dari Rp3 juta. Apalagi saat ini penghasilan dokter dari praktik sore sudah tidak ada karena masyarakat memilih program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Daeng menyebutkan jumlah dokter di seluruh Indonesia sekitar 167 ribu, 130 ribu di antaranya adalah dokter umum. Menurutnya, mereka adalah dokter yang berada di garis terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat.

Namun, Daeng tak bisa membandingkan gaji dokter dengan penghasilan tukang parkir, sebagaimana disebutkan Prabowo.

"Secara pribadi saya tidak tahu penghasilan tukang parkir, yang saya tahu penghasilan dokter dari laporan beberapa kawan di berbagai daerah," ujarnya.

Meski demikian, Daeng tak memungkiri ada pula dokter yang memiliki penghasilan tinggi, terutama dokter spesialis yang berada di kota-kota besar. Namun menurutnya, jumlahnya lebih sedikit dari dokter umum.

Dia mengatakan beberapa masalah dalam BPJS, seperti defisit ataupun penundaan pembayaran ke rumah sakit. Menurutnya, hal ini ikut mempengaruhi kesejahteraan dokter, termasuk tenaga kesehatan lainnya, dan mengganggu pelayanan kesehatan.

IDI pun berharap siapapun yang nantinya menjadi presiden, bisa mengoreksi kecukupan dana BPJS agar pelayanan kesehatan menjadi lebih baik.

"Tata kelola BPJS sebaiknya harus ada perbaikan, karena melihat kemarin sempat dipending pembayaran ke rumah sakit, dan juga terjadi defisit," kata Daeng.

Link: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190115081356-32-360854/idi-respons-prabowo-banyak-dokter-digaji-di-bawah-rp3-juta

Gaji Dokter masih banyak yang dibawah Rp 3 Juta/bulan. Berapa penghasilan Juru Parkir?

Penghasilan Juru Parkir di Makassar Bisa Mencapai Rp10 Juta Sebulan
https://gosulsel.com/2018/01/25/penghasilan-juru-parkir-di-makassar-bisa-mencapai-rp10-juta-sebulan/

Halo, Milenial! Penghasilan Jukir di Jakarta Bisa 3 Kali Lipat UMR
https://tirto.id/halo-milenial-penghasilan-jukir-di-jakarta-bisa-3-kali-lipat-umr-cBl9

Juru Parkir bisa mendapat Rp 9 juta/sebulan.

Baca juga :