DUA CAPRES, DUA JENIS KAMERA


DUA CAPRES, DUA JENIS KAMERA

By Tarli Nugroho
(Pengamat Sosial Politik)

Sebagai calon presiden, baik Pak Jokowi maupun Pak Prabowo aktivitasnya pasti tak pernah luput dari pantauan kamera. Kemanapun mereka pergi, lensa kamera selalu menguntitnya.

Bedanya, lensa yang mengabadikan dan menguntit aktivitas Pak Jokowi adalah lensa para jurnalis. Itu sebabnya berita mengenai Pak Jokowi banyak sekali di halaman media. Sementara, lensa yang mengabadikan kegiatan-kegiatan Pak Prabowo hanyalah kamera ponsel milik warga. Itu sebabnya, berita mengenai Pak Prabowo hanya banyak di media sosial.

Dua foto di bawah ini, yaitu foto Pak Jokowi di Banten, serta foto Pak Prabowo di Ambon, bisa mewakili perbedaan dua jenis lensa yang menguntit keduanya.

Saya melihat, mereka yang mengabadikan kegiatan-kegiatan Pak Prabowo dan menyebarkannya di media sosial adalah orang-orang yang sedang menginginkan perubahan. Dan mereka meyakini bahwa perubahan sangat mungkin dilakukan. Itu sebabnya, meski tidak dibayar, mereka meliput, menulis dan membagi-bagikan aktivitas Pak Prabowo dengan antusias.

Jangan tanya apa resolusi mereka di tahun 2019. Anda pasti sudah tahu jawabannya.