Mobil Pick Up Esemka di Boyolali Mirip Mobil Pick Up Changan China


[PORTAL-ISLAM.ID] Mobil Pemilu... yang muncul setiap 5 tahun sekali.. begitulah gambaran umum mobil Esemka, yang telah "mengantarkan" Jokowi menuju kursi Presiden RI pada 2014 lalu.

Kini menjelang Pilpres 2019, mobil Esemka yang lama tak terdengar dan tak terlihat (warganet menyebutnya pakai teknologi stealth sehingga tak terlihat di jalanan), kini muncul kembali dan jadi perbincangan luas publik tanah air.

Sayangnya, mobil Esemka yang digadang-gadang jadi mobil nasional kebanggaan Indonesia ini sangat penuh dengan misteri.

Bahkan wartawan tidak diperbolehkan meliput pabrik mobil Esemka yang terletak di Boyolali,  PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

Wartawan haya bisa melihat dari luar, tidak diperbolehkan masuk.

Baru-baru ini wartawan detik-oto, meliput dan berhasil memotret foto-foto deretan mobil pick up Esemka yang berderet diluar pabrik.

Baru-baru ini deretan mobil pick up muncul di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali. Pick-up nya yang berjejer di sana bukanlah double cabin, hanya pick up biasa. Memang wartawan tidak diizinkan untuk masuk ke dalam, sehingga foto diambil dari sisi samping.

Sayangnya baik tampilan depan maupun belakang tidak jelas. Sehingga sulit untuk mengetahui detail-detail bagian pada mobil.

Mencuatnya foto-foto pick up di pabrik PT SMK Boyolali pun kembali mengantar Esemka disebut sebagai mobil China.

Mobil pick up Esemka itu sangat mirip dengan mobil dari China bermerek Changan dengan modelnya Star Truck, Star II.

Dalam beberapa foto, beberapa bagian pick up Esemka sekilas mirip dengan Changan Star. Guratan garis-garis di samping mobil sekilas mirip dengan pikap China tersebut, juga bentuk jendelanya.

Pihak Esemka hingga saat ini memang masih sulit untuk dihubungi. Kabar terbaru soal Esemka didapat justru dari orang dekat Jokowi Diaz Hendropriyono yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Presiden.

Diaz kala itu menampik kalau Esemka hanya mengimpor mobil China dan mengganti logonya dengan merek Esemka.

"Nggak mungkin dong kaya gitu (impor mobil China dan ganti emblem). Namanya bukan produk lokal dong," ucap Diaz beberapa waktu lalu.

Silahkan lihat kemiripan mobil pick up Esemka dengan mobil China Changan Star.

(Mobil Pick Up Esemka di pabrik Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
(Mobil Pick Up Changan Star dari China)

Link:
- https://oto.detik.com/mobil/d-4274261/pikap-esemka-di-boyolali-vs-mobil-china-mirip-nggak
https://www.autodealer.co.za/new-cars/Changan/Star-II