#HoaxEsemka, Wasekjen MUI: Kyai Besar Yang Saya Sangat Hormati Saja Dikadali


[PORTAL-ISLAM.ID] Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut mobil Esemka yang pernah dirintis Joko Widodo atau Jokowi akan diluncurkan pada Oktober mendatang. "Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis, 27 September 2018.

Pernyataan tersebut dilontarkan Ma'ruf Amin ketika memberikan tausiah di hadapan ratusan santri dan ulama Nahdlatul Ulama. "Nanti ke depan ada harapan tumbuh mobil nasional Nuris jadi tidak mustahil. Semua usaha juga dimulai dari kecil," katanya disambut tepuk tangan meriah ratusan orang yang hadir dalam acara silaturahmi itu.

Link: https://otomotif.tempo.co/read/1131299/maruf-amin-sebut-mobil-esemka-akan-diluncurkan-oktober

***

BULAN OKTOBER pun sudah berakhir berganti November, dan apa yang pernah disampaikan Ma'ruf Amin ternyata tak terjadi. Bahkan sebelum Oktober beralu, Jokowi malah angkat tangan soal Esemka.

Kini warganet mengarahkan pada pernyataan Ma'ruf Amin, yang notabene masih menjabat Ketua Umum MUI.

"31 Oktober sebentar lagi berlalu. Ucapan politikus Maruf Amin soal mobil Esemka akan diluncurkan bulan Oktober, tak terbukti.. Maruf Amin sebar hoaks," ujar @eae18.

"Kita sudah memasuki bulan November 2018. Ternyata Mobil Esemka yang dijanjikan oleh KH Maruf Amin adalah: #MobilHoaxNasional," kata @mpuanon.

Wakil Sekjen MUI KH Tengku Zulkarnain pun angkat bicara.

"Kiyai Besar yang saya sangat hormati saja dikadali. Sehingga Beliau saking percayanya menyatakan Oktober ESEMKA launching. Beliau jadi malu pada Umat se NKRI.
Itulah yang Saya katakan Kiyai...
Saya percaya pada Kiyai 100% tapi tidak percaya sama sekali pada Mereka.
Kulo, Nyuwun Sewu Yai," tutur KH Tengku Zulkarnain di akun twitternya hari ini, Kamis, 1 November 2018.