Juara Dunia UFC Khabib Nurmagomedov Bantu Nigeria dengan Fasilitas Medis dan Membangun Sumur


[PORTAL-ISLAM.IDGarang di arena bertarung UFC, petarung tak terkalahkan Khabib Nurmagomedov ternyata memiliki sisi kemanusiaan yang tinggi.

Juara dunia kelas ringan MMA (Mixed Martial Art), Khabib Nurmagomedov, untuk sementara waktu meninggalkan dunia UFC dan menjalankan misi amal di Afrika.

Awal pekan ini, petarung muslim asal Rusia itu pergi ke Nigeria dengan misi amal membangun fasilitas medis dan membantu penduduk setempat mendapatkan air minum yang memadai dengan membangun sumur-sumur.

"Khabib Nurmagomedov adalah penyandang juara kelas ringan UFC dan salah satu petarung pound-for-pound terbaik di planet ini dan itulah sebabnya dia menggunakan platformnya untuk melakukan sesuatu yang baik di dunia," tulis MMA Weekly, melaporkan aksi mulia Khabib di Nigeria.

Di akun Instagramnya, penakluk Conor McGregor itu mengunggah fotonya di tengah-tengah bocah Nigeria. Tanpa jarak, dia berbaur.

"Ini adalah mimpi masa kecil saya dan saya berdoa kepada Allah untuk memberikan kesempatan untuk membantu orang-orang di Afrika. Alhamdulillah Alah mengabulkannya," tulis Khabib dalam keterangan foto yang diunggah Kamis (15/11/2018).

"Insyaallah saya akan kembali ke sini dalam empat bulan untuk meluncurkan beberapa proyek yang sudah kami targetkan. Semoga Tuhan membuat niat kita tulus, dan dengan belas kasihannya menuntun kita ke surga," lanjut Khabib.

Doa-doa pun mengalir pada kolom komentar. "Semoga Tuhan memberi Anda tingkatan tertinggi di surga," doa salah seorang followersnya.


Juara dunia kelas ringan UFC itu berada di Nigeria bersama mantan petarung UFC Rashad Evans. Evans mengaku terkesan dengan kepedulian Khabib kepada masyarakat yang ada di sana.

"Khabib menjadikan aksi kemanusiaan ini sebagai prioritas utama untuk pergi langsung ke Nigeria dan membangun sumur. Semua orang bisa bilang ingin menjadikan dunia lebih baik, tetapi butuh orang yang benar-benar melakukan perubahan tentang itu. Jika kita ingin mengubah sesuatu yang ada di dunia ini, kita harus mengubah itu sendiri," kata Evans melalui akun Instagram @sugarashadevans yang menunjukkan foto Khabib berada di tengah-tengah anak-anak Nigeria.


Nigeria memiliki populasi sebanyak 190,7 juta jiwa. Jumlah itu terus meningkat hingga saat ini. Kendati demikian, sekitar 123 juta orang hidup tanpa air bersih dan kondisi sanitasi yang buruk.

Kondisi tersebut memicu perkembangan penyakit berbahaya di Afrika. Organisasi internasional non-pemerintah, WaterAid, mengklaim 59.500 anak di bawah usia lima tahun meninggal dunia karena buruknya kualitas sanitasi dan air. Kondisi itu yang membuat Khabib tergerak ke Nigeria.

Sumber: MMA Weekly, IG, DLL