Air Tuba Dibalas Air Susu, Turki Jadi Kambing Hitam Rupiah, Erdogan Malah Siap Bantu Indonesia Yang Ditimpa Gempa Tsunami


[PORTAL-ISLAM.ID] Erdogan dan Prabowo ini sama, type pemimpin berjiwa besar... gak punya dendam walau kadang ditelikung.

Rezim ini kerap menyalahkan dan menjadikan kambing hitam Turki atas terpuruknya Rupiah.

Namun, Erdogan tetap menunjukkan kemuliaan akhlaknya.

Manakala Indonesia dilanda bencana silih berganti... Lombok NTB belum selesai, kini gempa Tsunami menerjang Donggala Palu Sulawesi Tengah.

Presiden Erdogan mungkin pemimpin dunia pertama yang mengulurkan tangannya untuk membantu.

Erdogan: Turkey ready to help Indonesia heal its wounds

Turki siap melakukan bagiannya untuk membantu Indonesia menyembuhkan luka-lukanya setelah gempa dan tsunami yang kuat, kata Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Minggu (30/9/2018).

Dalam sebuah pesan yang diposting di Twitter, Erdogan mengatakan: "Saya berdoa untuk saudara-saudari kita, yang tewas dalam gempa bumi dan tsunami di Indonesia, semoga cepat sembuh bagi yang terluka dan menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada rakyat Indonesia."

"Turki siap untuk melakukan segala daya untuk membantu Indonesia menyembuhkan luka-lukanya," tambahnya.

Kemudian, Wakil Presiden Fuat Oktay, di sebuah posting Twitter, mengatakan mereka berbagi rasa sakit dari mereka yang kehilangan nyawa di "negara persaudaraan" Indonesia dan berharap cepat sembuh kepada yang terluka.

"Kami bersama rakyat Indonesia dengan persaudaraan dan doa kami," tulisnya.

Jumlah korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,7 SR dan tsunami pada hari Jumat di pulau Sulawesi Indonesia telah meningkat menjadi 1.203, badan bencana nasional mengatakan pada hari Minggu.

Selama dua bulan terakhir, tiga gempa bumi dengan magnitudo 6,3, 6,9, dan 7 menghantam pulau timur Lombok, menewaskan total 563 orang.

Indonesia terletak dalam "Cincin Api" Samudra Pasifik di mana lempeng tektonik bertabrakan dan menyebabkan aktivitas seismik dan vulkanik yang sering.

Link: https://www.aa.com.tr/en/asia-pacific/erdogan-turkey-ready-to-help-indonesia-heal-its-wounds/1268903

Pada saat terjadi Tsunami Aceh 26 Desember 2004, Turki salah satu negara yang terdepan membantu.