KH Ma'ruf Amin Nonaktif, MUI Dipimpin Tokoh Muhammadiyah Yunahar Ilyas dan Zainut Tauhid

(Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag.)

[PORTAL-ISLAM.ID] KH Ma'ruf Amin nonaktif sebagai Ketum MUI karena maju ke Pilpres 2019 sebagai cawapres Joko Widodo (Jokowi). Tampuk kepemimpinan MUI diisi Yunahar Ilyas dan Zainut Tauhid.

"Tampuk kepemimpinan MUI akan diemban oleh dua Wakil Ketua Umum yakni Prof Dr Yunahar Ilyas dan H. Zainut Tauhid Sa'adi," kata Zainut dalam keterangannya, Rabu (29/8/2018), seperti dikutip detikcom.

Yunahar dan Zainut sama-sama berposisi sebagai Waketum MUI. Keduanya akan memimpin MUI demi keberlangsungan roda organisasi.

"Jadi roda organisasi tetap berjalan normal seperti biasa, meski Ketum kita nonaktif," ujar Zainut.

Keputusan nonaktifnya Ma'ruf sebagai Ketum MUI juga didasari pertimbangan agar posisi sebagai bakal cawapres Jokowi tidak menimbulkan pro-kontra di masyarakat, termasuk di kalangan internal MUI.

"Beliau ingin berfokus mengerjakan amanat karena dipercaya sebagai cawapres Jokowi sebagaimana fokusnya beliau mengabdi di MUI selama ini," jelas Zainut.

Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag. adalah ulama asal Bukittinggi Sumatera Barat yang kini tinggal di Yogyakarta dan menjadi tokoh Muhammadiyah dengan menjabat sebagai salah satu ketua pimpinan pusat Muhammadiyah.