BI Akui Penukaran Dolar AS Berhasil Perkuat Rupiah, Sandi Dapat Apresiasi


[PORTAL-ISLAM.ID] Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengapresiasi para pengusaha yang menukarkan valuta asing (valas) miliknya dengan rupiah dalam beberapa hari terakhir.

"Hari ini pergerakan pasokan dan permintaan terus berlangsung. Itu jadi bagian penting kenapa rupiah stabil," ujar Perry di Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Akibat hal itu, suplai atau pasokan di pasar valas menjadi bertambah sehingga permintaan dapat terpenuhi. Ketersediaan likuiditas dolar AS di pasar akhirnya membuat nilai mata uang rupiah terapresiasi dalam beberapa hari terakhir.

Pada Jumat siang di pasar spot, pukul 15.00 WIB, satu dolar AS setara dengan Rp 14.875. Level itu melemah tipis dibanding saat pembukaan perdagangan Jumat pagi ini di Rp 14.868. Meski menurun, rupiah sepanjang dua hari terakhir bergerak di zona penguatan, dan semakin menjauh dari level Rp 15 ribu per dolar AS.

Link: https://republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/18/09/07/peolcw382-bi-penukaran-dolar-as-berhasil-perkuat-rupiah

***

Seperti diberitakan sebelumnya, bakal calon wakil presiden yang juga seorang pengusaha sukses Sandiaga Uno memulai langkah penguatan rupiah dengan menukarkan aset dolarnya.

[Rabu, 5 September 201]
Sandiaga Konversi 35 Persen Aset Dolar ke Rupiah

Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno memutuskan mengkonversi aset dolar yang dia miliki sebanyak 35 persen. Hal tersebut ia lakukan untuk menaikkan nilai tukar rupiah yang kian melemah terhadap dolar Amerika.

"Ini waktunya membela negara, jangan sampai terpecah-belah," ujar Sandiaga di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1071858-sandiaga-konversi-35-persen-aset-dolar-ke-rupiah

Sandi juga aktif menyerukan kepada para pengusaha lain untuk mengikuti langkahnya menukarkan dolar ke rupiah

Rupiah Melemah, Sandiaga Ajak Konglomerat Jual Dolar Ramai-Ramai

Upaya Sandi ternyata membuahkan hasil. Rupiah mulai menguat dan stabil.

"Ayo bro @sandiuno dan rekan pengusaha lainnya, jangan kasih kendor. Hari Senin (10/9) lusa kita 'hajar' dan 'libas' lagi. Kita 'berantem' dan 'kelahi' dengan USD saja. Daripada narasi kelahi dan berantem dengan saudara sebangsa sendiri. Keep it up!" kata Azzam M Izzulhaq @AzzamIzzulhaq yang juga seorang pengusaha.

Apresiasi mengalir untuk keteladanan Sandiaga Uno.

"Belum jdi wapres udah ngasi solusi buat rupiah dan Indonesia.... Proud of you bang @sandiuno πŸ˜˜πŸ˜πŸ‘✌️✔️πŸ†—πŸ™πŸ’―πŸ”₯πŸ’₯," ujar @DDRezhaa.