SUBHANALLAH... Sandiaga Uno Tolak Berpidato Sebelum Shalat Idul Adha di Jatinegara, Ini Alasannya..


[PORTAL-ISLAM.ID] Datang niat sholat, bukan untuk kampanye.. begitulah keteladan pemimpin..

Saat Sandiaga Tolak Berpidato Sebelum Shalat Idul Adha di Jatinegara.

Jakarta - Sandiaga Uno salat Idul Adha di Monumen Perjuangan Jatinegara, Jakarta Timur. Tiba di lokasi, Sandi sempat ditawari mengisi pidato singkat sebelum salat Id dimulai.

Tapi Sandi menolak. Saat ditawari pidato, Sandi menggelengkan kepalanya sambil menangkupkan tangannya di dada. Saat dimintai konfirmasi, Sandi menolak karena enggan mencampuradukan kegiatan politik dengan ibadah.

"Ya saya pikir ini kita jangan mencampuradukkan kegiatan ibadah ini dengan yang bisa disinggung sebagai berbau politik. Sebagian masyarakat di sini datang untuk bertalbiah, bertahmid, bertasbih, bertahlil, dan mereka di sini ingin melaksanakan ibadah, bukan mendengarkan saya pidato," kata Sandiaga di lokasi usai salat Id, Rabu (22/8/2018).

"Jadi walau diberikan slot, saya bilang itu lebih baik digunakan kita untuk baca tahlil, tahmid, tasbih dan mengagungkan nama Allah, memahabesarkan nama Allah dan kita maknai idul kurban sebagai tentunya sebagai ajang persatuan kita, karena pilihan politik mereka belum tentu sama," sambungnya.

Lebih lanjut, Sandi menceritakan alasannya salat Id di Jatinegara. Dia bilang tertarik karena Salat Id di Monumen Perjuangan Jatinegara punya banyak sekali jemaah.

"Saya diundang ke sini kebetulan dan saya tertarik karena ini salah satu jemaah yang terbesar di Jakarta, lebih dari 15 ribu dan ada di lingkungan masyarakat yang padat dan saya belum sempat menunaikan salat di sini," tutur mantan Wakil Gubernur DKI itu.

Sementara itu di hari raya Idul Adha ini, dia memaknai untuk merenungkan dan memberikan rasa empati kepada korban gempa di Lombok.

"Kita prihatin dengan saudara-saudara kita yang sekarang tertimpa musibah di NTB, wabilkhusus di Lombok, mari kita menggunakan kesempatan Idul kurban ini untuk berbagi dengan saudara-saudara kita di Lombok," katanya.

Link: https://news.detik.com/berita/d-4177131/saat-sandiaga-tolak-berpidato-sebelum-salat-idul-adha-di-jatinegara

[video - Sandi Salat Idul Adha di Monumen Perjuangan Jatinegara]


(Suasana Sholat Id di tempat ini memang sangat ikonik. Ini foto salat Idul Fitri 1438 H di Jatinegara, Jakarta Timur. FOTO : Antara/Sigid Kurniawan)

Baca juga :