Perayaan Tahun Baru, Hotel Pencakar Langit di Pusat Kota Dubai Terbakar


[PORTAL PIYUNGAN] Kebakaran hebat terjadi Kamis malam (31/12/2015) di sebuah hotel mewah, Address Hotel, di pusat Dubai, Uni Emirat Arab, di dekat area yang dipersiapkan untuk pesta kembang api malam tahun baru, di mana ratusan ribu orang telah berkumpul untuk perayaan.

Api mulai membakar Address hotel yang memiliki 63 lantai ini pukul 9.30 malam. Api mulai menyebar dari lantai 20 dan kemudian menyebar. Setidaknya satu helikopter bisa dilihat berputar-putar di atas menara yang terdiri dari 63 lantai itu.

Perkembangan terkini melaporkan 1 korban tewas dan 14 orang lainnya terluka.

Staf dapur dari salah satu restoran di Hotel tersebut mengatakan bahwa mereka bergegas melarikan diri setelah mendengar alarm peringatan yang menyuruh mereka keluar dari bangunan.

Seorang wartawan Al Arabiya yang berdiri sekitar 500 meter dari lokasi kejadian mengatakan bahwa api masih terus berkembang, dan ledakan serta asap bisa tampak pada satu titik yang terlihat di sekitar 9 lantai bagian atas menara.

Seorang warga Lebanon berusia 23 tahun, yang menolak menyebutkan namanya, mengatakan kepada Al Arabiya bahwa pada pukul 9:30 malam dia berjalan pada jalan yang membentang di sepanjang hotel dan mendengar sirene ambulans, serta orang-orang terlihat berlarian dan berteriak-teriak.

Api itu antara 50 sampai 80 meter tingginya, koresponden Al Arabiya menambahkan.

Sampai saat berita diluncurkan, belum jelas apa yang menjadi penyebab kebakaran, yang setidaknya telah membakar 20 lantai bangunan dekat menara Burj Khalifa, pencakar langit tertinggi di dunia (828 meter).

Koresponden Al Arabiya lainnya yang berada dekat tempat kejadian, berbicara dengan beberapa penjaga keamanan di lokasi kejadian mengatakan bahwa semua orang di menara telah dievakuasi.
Kepulan besar asap dari hotel yang terbakar juga mengaburkan pandangan ke beberapa bangunan di sekitarnya. Puing-puing bangunan yang terbakar berjatuhan sehingga pemadam kebakaran berlari ke tempat kejadian.

Kantor Media Dubai mengatakan bahwa rencananya sekitar satu jam dihitung mulai dari jam kebakaran terjadi, perayaan kembang api akan berjalan seperti yang dijadwalkan. Acara ini akan dimulai di Burj Khalifa, yang akan dilengkapi dengan 400.000 lampu LED. Mereka mengatakan 1,6 ton kembang api akan digunakan di layar.

Perayaan tahun baru di Uni Emirat Arab selama ini dikenal sebagai salh satu perayaan tahun baru termegah di dunia dengan kembang api dan aneka hiburan.

Hal yang berbeda dengan kota Madinah, dimana malam tahun baru tak ada bedanya dengan malam-malam yang lain. Tenang dengan kekhusyu'an penduduknya yang taat pada rabbNya. (sumber: middleeastupdate, CNN)

(Baca: Di Kota Nabi, Malam Tahun Baru Seperti Malam Biasanya)