Apa Yang Saya Lakukan di Amerika?

Oleh Cahyadi Takariawan*
...
Apa yang Pak Cah lakukan selama di Amerika ? Jalan-jalan terus ya ? Wah enak dong, dari mana uangnya ? Itu pertanyaan teman-teman Indonesia lewat sms kepada saya selama saya di Amerika….

Saya diundang oleh sebuah organisasi namanya IMSA (Indonesia Moslem Society in North America), tepatnya IMSA Sister. Acara mereka Workshop Wanita dan Keluarga. IMSA Sister mengundang saya dan isteri untuk mengisi workshop tersebut selama sebulan di Amerika, keliling beberapa state. Semacam ngamen, begitulah…..

Namun karena visa Amerika untuk isteri saya tidak keluar sampai tanggal keberangkatan, akhirnya saya diminta berangkat sendiri. Nanti setelah saya berada di Amerika lebih dua pekan, baru ada kabar dari Indonesia bahwa visa isteri saya sudah keluar. Namun tidak menyusul, karena sudah “nanggung” situasinya. Insyaallah digunakan lain kali, toh masa berlaku visi Amerika 5 tahun, jadi masih banyak waktu untuk datang ke USA…

IMSA ini sebuah wadah kegiatan keislaman yang sering mendatangkan ustadz dan penceramah dari Indonesia. Ada wadah lainnya seperti ICMI yang juga sering mengundang ustadz ustadzah dari Indonesia. Ada pula IMAAM dan yang lainnya. Semua saling melengkapi, dan menjadi lebih menguntungkan karena semakin banyak pembicara bisa didatangkan dari Indonesia.

Seorang lokal staf di KJRI California bertanya kepada saya, bagaimana saya bisa diundang oleh IMSA ? Apakah saya mengenal pengurus IMSA ? Saya bilang, saya tidak mengenal IMSA dan pengurusnya. Tidak ada satupun nama pengundang itu yang saya kenal. Saya mendapat surat undangan via email yang kemudian dikonfirmasi melalui telepon.

Mbak Rini panitia IMSA Sister yang menelpon saya untuk mengundang dalam kegiatan workshop, saya sama sekali tidak mengenalnya. Begitulah kecanggihan teknologi. Internet telah membuat semua menjadi mudah. Semua bisa mengenal dan akhirnya mengundang, mungkin karena membaca website saya ini, mungkin karena menjadi sahabat saya di tiga akun fesbuk yang saya miliki, atau mendapatkan alamat email serta nomer handphone saya dari orang lain. Atau cara-cara lain yang membuat akhirnya mengundang saya.

Mudah saja lewat teknologi modern ini untuk membuat semua orang di dunia ini saling mengenal dan silaturahim. Saya jelas bukan orang terkenal, namun ada sebagian orang yang mengenal saya lewat buku-buku yang saya tulis. Sebagian mengenal saya karena konsultasi lewat sms dan email yang memang saya buka untuk umum. Sebagian mengenal saya dari forum seminar, bedah buku, pelatihan, workshop, dan pengajian yang sering saya isi di berbagai daerah, dari sabang sampai merauke. Ada yang mengenal saya karena mencari dan bertanya kepada google.

Tentu semua sudah diatur Allah, bahwa akhirnya saya bisa berangkat keliling beberapa state di USA….

Lalu apa kegiatan saya selama sebulan di Amerika ? Ini sedikit “laporannya”….

Selasa 1 Maret 2011

Jam 11.00 berangkat dari mess Pancoran Barat menuju Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. Alhamdulillah urusan check in dan keimigrasian lancar. Jam 15.00 pesawat Cathay Airways take off menuju Hongkong untuk transit. Jam 20.00 mendarat di Hongkong. Waktu di Hongkong 1 jam lebih lambat dari Jakarta. Suasana bandara Hongkong tampak sangat bersih dan rapi. Jam 01.00 malam pesawat Cathay Airways take off dari Hongkong menuju San Fransisco. Menjelang masuk pesawat, dilakukan pemeriksaan sangat ketat untuk semua penumpang. Ini bedanya pesawat menuju Amerika, mau masuk pesawat masih diperiksa lagi.

Jam 20.30 mendarat di San Fransisco, masih Selasa tanggal 1 Maret 2011. Seperti tidak berjalan jauh ya… Berangkat 1 Maret, sampai di Amerika masih 1 Maret lagi…. Hemat waktu nih…. Di bandara San Fransisco alhamdulillah sangat lancar. Tidak ada pemeriksaan yang ketat terhadap barang yang saya bawa. Pertanyaan petugas imigrasi semua bisa saya jawab dengan baik, dan alhamdulillah bisa masuk Amerika.

Saya dijemput mas Yusuf dan mbak Wiwiet, dan makan malam di rumah makan halal India. Malam itu saya menginap di rumah mas Yusuf.

Rabu 2 Maret 2011

Sarapan pagi, dimasakin Soto San Fransisco di rumah mas Yusuf bersama tiga anak mereka. Usai bersiap diri, jam 10.00 berangkat dari rumah menuju bandara San Fransisco. Hanya semalam di sini, karena harus segera menuju Houston, Texas untuk acara pertama selama kunjungan di Amerika. Jam 12.00 pesawat US Airways take off menuju Houston, dengan transit di Phoenix. Jam 15.00 mendarat di Phoenix.

Saya sempat heran dengan luas dan panjangnya bandara Phoenix ini. Saat berpindah gate menuju tempat transfer pesawat, ternyata berjalan jauh sekali. Sampai di gate dimaksud, ternyata sudah boarding dan para penumpang sudah memasuki pesawat. Seandainya saya berjalan santai, kemungkinan ketinggalan pesawat, untung saya berjalan cepat, bahkan setengah berlari.

Jam 16.00 pesawat US Airways take off ke Houston. Jam 19.30 mendarat di Houston, dijemput mas Nurdin. Malam itu saya dijamu makan malam di rumah mas Nurdin bersama keluarga, dan ada pula mas Kurniawan serta bu Rini yang menjadi panitia pusat kegiatan IMSA sebagai sponsor kedatangan saya di Amerika. Saya menginap di rumah mas Nurdin.

Kamis 3 Maret 2011

Jam 06.00 Shalat Subuh di Mushalla Houston. Sebuah tempat di kompleks ruko yang dijadikan mushalla, begitu tepatnya. Tidak terlalu luas, dan jamaah shalat Subuh hanya satu shaf.

Imamnya mas Nurdin. Jam 10.00 ke kantor KJRI Houston, bertemu dan silaturahim dengan Bp. Al Busyra Basnur selaku Konjen Texas bersama ibu, dan juga pak Prasetyo Budi sebagai salah satu konsulat di KJRI.

Jam 10.30 – 14.00 mengisi acara pertama, pengajian Muslimah di mushalla KJRI Houston. Jam 14.00 – 15.00 makan siang dan ramah tamah dengan peserta. Jam 15.00 – 18.00 diajak jalan-jalan mas Nurdin melihat NASA Aero Space. Jam 19.00 – 20.00 makan malam Tom Yum di Thai Resto. Setelah itu kembali ke rumah mas Nurdin. Jam 20.30 – 22.30 teleconference dengan panitia kegiatan di lokaliti untuk koordinasi kegiatan selama di Amerika.

Malam ini kembali menginap di rumah mas Nurdin.

Jumat 4 Maret 2011

Jam 06.00 kembali shalat Subuh dan diminta menjadi Imam Shalat subuh di Mushalla Huoston. Jam 06.30 – 09.00 menyiapkan bahan-bahan untuk kegiatan workshop selama di Amerika. Jam 10.00 – 12.00 kembali mengisi pengajian Muslimah di KJRI Houston Jam 12.45 – 13.15 khutbah Jumat di KJRI, pesertanya muslim dari berbagai negara. Jam 13.30 – 18.00 kembali ke rumah mas Nurdin. Jam 20.00 – 22.30 mengisi Pengajian Keluarga Sakinah di KJRI.

Malam ini saya menginap di rumah mas Kurniawan.

Sabtu 5 Maret 2011

Jam 06.00 shalat Subuh berjamaah di rumah mas Kurniawan. Jam 06.30 sarapan pisang goreng Texas, dimasakin mbak Rini. Jam 07 – 09.30 diajak mas Kurniawan belajar menembak di sebuah areal menembak di Texas. Jam 09.30 – 10.00 kembali ke rumah mas Kurniawan untuk makan nasi uduk Texas.

Jam 10.45 – 16.00 kembali ke KJRI mengisi pengajian Pendidikan Anak. Ini sesi terakhir kunjungan di Houston, Texas. Dari KJRI jam 16.00 langsung menuju bandara Hoby Houston.

Jam 18.15 take off ke Atlanta dengan Delta Air. Jam 21.30 mendarat di Atlanta untuk transit. Jam 22.00 take off ke Washington DC dengan Delta Air. Jam 24.30 mendarat di Washington DC dijemput mas Amang. Malam ini dijamu makan malam bakso Washington, dan menginap di rumah mas Amang.

Ahad 6 Maret 2011

Jam 06.00 shalat subuh berjamaah di rumah mas Amang. Jam 11.00 – 16.30 mengisi workshop Keluarga Sakinah di Madrasah Maryland. Dihadiri sekitar 250 peserta. Hadir pula ibu Rosa Dinopati Jalal, isteri Dubes RI untuk Amerika, dan wakil Dubes RI bapak Salman Al Farisi beserta ibu.

Jam 19.30 makan malam dilanjutkan dialog dengan beberapa warga Indonesia di rumah pak Bambang Achirudin, staf di KBRI. Malam ini saya menginap di rumah pak Bambang.

Senin 7 Maret 2011

Jam 10.00 – 15.00 diantar mas Roni jalan-jalan melihat White House, Capitol House, Museum, gedung Pentagon dan berbagai area sekitar Washington DC serta Virginia.

Jam 19.00 – 21.00 Pengajian Pendidikan Anak di rumah bapak Widya di Maryland. Jam 22.00 kembali ke rumah Pak Bambang.

Selasa 8 Maret 2011

Jam 10.00 – 15.00 diajak jalan-jalan oleh mas Yanuar dan dua muslimah ke Baltimore. Saya menjadi ingat film Baltimore Bullet. Makan siang di Qing Zhen Baltimore, restoran halal China.

Jam 19.00 – 21.00 pengajian di rumah mas Syafrin, di Virginia. Ini sesi terakhir acara di wilayah Washington DC. Jam 22.00 kembali ke rumah pak Bambang.

Rabu 9 Maret 2011

Jam 10.00 meninggalkan rumah pak Bambang menuju Bandara diantar mas Roni. Ternyata pesawat delay 1 jam, dan jam 13.00 baru terbang ke Atlanta. Karena delay, akhirnya tertinggal pesawat yang menuju ke Los Angeles. Saya urus untuk penerbangan berikutnya, ternyata sudah tertinggal pula karena harus pindah gate. Akhirnya mendapat pesawat malam.

Jam 19.00 baru terbang ke LA, harusnya jam 16.00 tadi. Jam 23.00 tiba di LA, dijemput mas Adi dan isteri, langsung menuju rumah mas Rejo tempat menginap.

Kamis 10 Maret 2011

Jam 06.00 shalat Subuh berjamaah di rumah mas Rejo. Jam 10.00 – 15.00 diajak mas Rejo jalan-jalan ke Hollywood, Universal Studio, dan Beverly Hills.

Jam 19.00 – 21.00 mengisi Pengajian Pendidikan Anak di rumah pak Adi di Orange County. Jam 22.00 menuju kantor KJRI California untuk menginap.

Jumat 11 Maret 2011

Jam 09.00 Sarapan pagi di rumah Farhat Ambadar. Jam 10.00 diajak jalan-jalan di downtown Los Angeles. Pemandangan unik, ternyata banyak homeless alias gelandangan dan pengemis di tengah kota Los Angeles.

Jam 13.00 mengisi Khutbah Jumat di Masjid KJRI California. Jam 14.00 diajak Farhat jalan-jalan ke Pantai Santa Monica yang biasa untuk shooting film Hollywood.

Jam 19.00 – 21.00 mengisi Pengajian Potensi Diri di mushalla KJRI. Jam 23.00 kembali ke kamar dan menginap di KJRI.

Sabtu 12 Maret 2011

Jam 09.00 sarapan pagi dan mengobrol di rumah Pakde dan Bude Parjo. Jam 11.00 jalan-jalan ke Chinatown bersama mas Rejo.

Jam 14.00 – 20.00 mengisi Seminar Keluarga di KJRI. Ini sesi terakhir acara di California. Jam 21.00 kembali ke kamar untuk menginap di KJRI. Mulai jam 02.00 dinihari terjadi perubahan waktu, maju satu jam. Jam 02.00 menjadi 03.00. Ini yang disebut day-light saving time.

Ahad 13 Maret 2011

Jam 04.00 menuju Bandara LA diantar Farhat Ambadar. Jam 07.00 terbang ke Vancouver. Jam 10.00 tiba di Vancouver dijemput pak Erri dan keluarga, langsung makan siang dekat kantor KJRI.

Jam 14.00 – 20.00 mengisi Seminar Keluarga di KJRI Vancouver, dihadiri Konjen pak Bambang dan beberapa konsulat dan staf lokal KJRI. Jam 22.00 ke rumah mas Erri untuk menginap.

Senin 14 Maret 2011

Jam 12.00 – 17.00 diantar jalan-jalan dengan bus, sky train dan sea bus menuju gunung salju bersama mas Adi dan mas Ojat. Menikmati public transportation Kanada yang bersih dan teratur.

Jam 18.00 – 21.00 Pengajian Pengembangan Potensi Diri, di salah satu ruang kegiatan di apartemen. Jam 22.00 kembali ke rumah mas Erri, menginap.

Selasa 15 Maret 2011

Jam 11.00 – 16.00 jalan-jalan ke downtown Vancouver bersama pak Chandra.

Jam 18.00 – 22.00 Pengajian Pengembangan Potensi Diri bagian kedua, di rumah seorang warga. Ini sesi terakhir acara di Vancouver. Jam 23.00 menginap di rumah mas Erri.

Rabu 16 Maret 2011

Jam 09.00 – 13.00 jalan-jalan ke Dollar Store dan makan siang di restoran halal Chinese Food bersama ibu-ibu pengajian British Columbia (BC).

Jam 13.00 langsung ke bandara. Jam 15.00 take off ke Toronto dengan Air Canada. Jam 23.00 mendarat di Toronto. Malam ini menginap di rumah mbak Sri, isteri pak Vincent Loh.

Kamis 17 Maret 2011

Jam 10.00 – 17.00 ke diantar mbak Sri, mbak Ine dan mbak Vita menyaksikan keelokan alam Niagara Falls.

Jam 19.00 – 21.00 mengisi Pengajian Pengembangan Potensi Diri. Jam 22.00 kembali ke rumah mbak Sri untuk menginap.

Jumat 18 Maret 2011

Jam 10.00 – 17.00 jalan-jalan ke downtown Toronto bersama mas Feri. Mengikuti shalat Jumat di masjid Abu Bakar, gelombang yang kedua. Karena banyaknya jumlah jamaah shalat Jumat, sehingga masjid tidak bisa menampung dalam sekali waktu. Harus dibuat dua kali Jumatan.

Jam 19.00 – 21.00 mengisi Pengajian Pengembangan Potensi Diri. Jam 22.00 menginap di rumah Mas Agus.

Sabtu 19 Maret 2011

Jam 10.00 – 14.00 Pengajian Keluarga Sakinah di rumah mas Yanto. Ini sesi terakhir selama di Toronto.

Jam 14.00 dari rumah mas Yanto langsung menuju bandara Toronto. Jam 18.00 take off ke New Jersey. Jam 19.30 landing di New Jeersey, dijemput mas Budi dan isteri. Malam ini menginap di rumah mas Budi di Secaucus, New Jersey.

Ahad 20 Maret 2011

Jam 10.00 berangkat dari rumah mas Budi menuju masjid Al Hikmah.

Jam 14.00 – 20.00 mengisi Pengajian Keluarga Sakinah di Masjid Al Hikmah Manhattan. Bertemu ustad Syamsi Ali dan ustadz Bello.

Jam 21.00 menginap di rumah mas Budi.

Senin 21 Maret 2011

Jam 08.30 berangkat dari rumah mas Budi naik bus umum, disambung naik kereta api subway menuju Manhattan.

Jam 10.00 – 13.00 mengisi Pengajian Ibu-ibu Muslimah di Masjid Al Hikmah. Jam 15.00 – 17.00 jalan-jalan ke downtown Manhattan. Kota yang sangat cantik.

Jam 19.00 – 22.00 mengisi Pengajian Keluarga untuk warga New Jersey. Malam ini menginap di rumah mas Budi.

Selasa 22 Maret 2011

Jam 09.00 – 17.00 diajak pak Bambang jalan-jalan ke Statue of Liberty dan sekitarnya. Juga melihat downtown kota Manhattan, seperti bekas gedung WTC, masjid Islamic Centre, juga berbagai sisi perkotaan. Di kota ini banyak macet, namun tertib.

Jam 19.00 – 22.00 mengisi Pengajian Pengembangan Potensi Diri di masjid Al Hikmah Manhattan. Ini sesi terakhir selama di New York. Jam 23.00 kembali ke rumah mas Budi.

Rabu 23 Maret 2011

Jam 08.00 berangkat dari rumah mas Budi menuju bandara New Jersey. Jam 10.00 terbang ke Columbus Ohio State, dengan transit di Philadelphia. Pesawat Philadelphia ke Columbus delay 1 jam. Jam 16.00 mendarat di Columbus Ohio, dijemput mas Abas.

Jam 20.00 – 22.00 teleconference untuk IMSA di rumah mas Abas. Malam ini menginap di rumah mas Abas.

Kamis 24 Maret 2011

Jam 10.00 – 13.00 mengisi Pengajian Potensi Diri ibu-ibu Columbus di rumah mas Abas. Jam 17.00 – 18.00 mengisi teleconference dengan Forum Lingkar Pena (FLP) USA.

Jam 20.00 – 22.00 mengisi Pengajian Pendidikan Anak di rumah mas Abas. Malam ini menginap di rumah mas Abas.

Jumat 25 Maret 2011

Jam 10.00 – 13.00 mengisi Pengajian ibu-ibu Muslimah di rumah mas Abas. Jam 13.00 – 14.00 mengikuti ibadah Jumat di masjid Columbus. Subhanallah, bacaan imamnya bagus sekali.

Jam 14.00 – 17.00 jalan-jalan ke downtown Columbus bersama rekan-rekan Ohio dan state lain yang hadir.

Jam 20.00 – 22.00 mengisi Pengajian Merajut Potensi Diri di rumah Abas. Malam ini menginap di rumah Abas.

Sabtu 26 Maret 2011

Jam 10.00 – 13.00 mengusu Pengajian Keluarga Sakinah di rumah Abas. Jam 15.00 langsung ke bandara untuk berangkat ke Las vegas. Namun ternyata pesawat menuju Las Vegas delay, untuk sektor Columbus – Detroit, yang menyebabkan tidak connected dengan sektor Detroit – Las Vegas. Jadi harus ditunda ke penerbangan besok pagi.

Akhirnya kembali ke rumah Abas. Jam 20.00 – 22.00 meneruskan diskusi keagamaan di rumah Abas. Malam ini menginap di rumah Abas lagi.

Minggu 27 Maret 2011

Jam 04.30 dari rumah Abas menuju bandara, diantar mas Agus Sofyan dan mas Abas. Jam 06.00 pesawat delta terbang ke Las Vegas dengan transit Detroit. Jam 10.00 mendarat di Las Vegas dijemput Pongky, La Ode dan Leon.

Jam 13.00 menghadiri makan siang di rumah Prof Baick bersama komunitas muslim las Vegas. Jam 15.00 menuju rumah pak Syaiful Hendra.

Jam 17.00 – 22.00 mengisi Pengajian Keluarga Sakinah di rumah pak Syaiful Hendra. Malam ini menginap di rumah pak Syaiful.

Senin 28 Maret 2011

Jam 10.00 – 14.00 jalan-jalan ke boulevard Las Vegas bersama pak Syaiful Hendra. Melihat pusat casino dan keramaian pusat hiburan di Las Vegas.

Jam 17.00 – 22.00 mengisi Pengajian Pendidikan Anak di rumah Pak Syaiful. Malam ini menginap di rumah pak Syaiful Hendra.

Selasa 29 Maret 2011

Jam 10.00 – 13.00 Jalan-jalan ke Red Rock Canyon bersama Pongky, Myta dan anak-anak mereka. Jam 14.00 – 16.00 lanjut jalan ke Hoover Dam.

Jam 18.00 – 22.00 mengisi Pengajian Merajut Potensi. Ini sesi terakhir di Las Vegas. Banyak sekali pertanyaan dan dialog sampai malam.

Jam 24.00 ke rumah Pongky, menginap di rumah Pongky.

Rabu 30 Maret 2011

Jam 07.30 berangkat dari rumah Pongky menuju bandara Las Vegas. Jam 09.00 terbang ke Seattle. Jam 10.00 mendarat di Seattle, dijemput mas Irfan dan isteri.

Jam 17.00 – 19.00 mengisi teleconference di rumah mas Irfan. Jam 20.00 shalat maghrib di masjid Everet. Malam ini menginap di rumah mas Irfan.

Kamis 31 Maret 2011

Jam 06.00 shalat Subuh berjamaah di masjid Everet, diminta menjadi imam. Sekarang jam 09.00 pagi, saya tengah menulis ini dan belum mandi. Persiapan mengisi acara Pengajian Muslimah di Masjid Everet.