Saudi Akan Tentukan Ramadhan dengan Teknologi Modern

Untuk pertama kalinya penetapan awal bulan Ramadhan di Arab Saudi pada hari Selasa, (10/8) nanti akan menggunakan teknologi modern. Dan diharapkan juga proyek ini supaya diprakarsai oleh beberapa negara Islam. Demikian dilansir Al-Arabiya.net (25/7).

Pempinan proyek ini, Muhammad Shawkat mengatakan bahwa teknologi modern tersebut membutuhkan legitimasi secara syar'i, sehingga dapat dijadikan acuan.

Teknologi modern tersebut terdiri dari sebuah kamera video khusus yang ditempatkan di teleskop, dan terhubung ke komputer. Dengan demikian, ratusan foto gambar yang ditangkap kamera, dapat langsung diakses ke komputer. Kemudian dengan menggunakan sebuah program khusus untuk meneliti gambar-gambar itu, baru setelah itu bulan akan terlihat di komputer.

Adapun kelebihan dari alat ini adalah dapat melihat bulan yang sebelumnya tidak terlihat, dan bahkan dapat melihat bulan di siang hari.

Rencanya, penentuan awal bulan Ramadhan akan menggunakan alat ini. Karena telah diperkirakan bahwa ru'yatul hilal sepertinya tidak mungkin dilakukan di daerah Arab pada hari Selasa (10/8) nanti, baik dengan mata telanjang ataupun dengan teleskop. Namun cara-cara falak yang manual atau tradisional masih digunakan terlebih dahulu.

*hidayatullah.com
---
posted by: pkspiyungan.blogspot.com
Baca juga :