MANTAP!! TONJOKAN Rocky Gerung Bikin Mendagri PLONGA PLONGO: Ini Namanya MEMAKSA KEGENTINGAN!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Dalam acara Indonesian Lawyer Club (ILC), Selasa malam,18 Juli 2017 yang mengangkat tema “Panas Setelah PERPPU Ormas”, Peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi Rocky Gerung menjadi salah satu narasumbernya.

Dengam lugas, Rocky Gerung membungkam telak alasan-alasan tak logis pemerintah yang memaksakan Perppu Ormas, bahkan Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo yang hadi di ILC tampak terbengong-bengong dengan serangan mematikan Rocky.

Dengan tajam, pengajar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia ini menegaskan bahwa Perppu lahir sebagai interplay dari kecemasan dan kedunguan pemerintah.

Rocky juga memberi penekanan keras pada pernyataan Presiden Jokowi yang disiarkan Metro TV bahwa Perppu ditujukan kepada ormas yang telah menyalahgunakan kebebasan yang diberikan.

"Siapa yang memberikan kebebasan? Pemerintah? Kebebasan itu TIDAK PERNAH DIBERIKAN! Kebebasan itu natural rights!! Tugas pemerintah adalah MELINDUNGI kebebasan, bukan mengambil ulang," tegas Rocky.

Jadi, imbuh Rocky, Perppu itu filosofinya mengambil kembali kebebasan yang diberikan oleh natural right.

"Di luar negeri, pernyataan seperti ini bisa membuat seorang Presiden di-impeach," tambahnya.

Berikut pernyatan-pernyataan tajam Rocky Gerung:

1. Katanya genting, tapi kok ormasnya tidak definitif, malah tekut-takut sebut siapa ormas yang dimaksud? Mendagri ketika ditanya bang Karni apakah ormas itu adalah HTI, malah jawabnya tidak hanya HTI, lalu apakah semua oramas di Indonesia ini membuat kegentingan?

2. Kalo HTI menggagas sistem pemerintahan yang berbeda, bukankah Aceh juga beda. kenapa dipermasalahkan. Beda banget malah Aceh, semua nya Islam, islam ada disana.

3. Tuduhan membubarkan negara, sebentar dulu, membubarkan negara itu ada dua, apakah alter (melebihi negara) atau abolish (menghapus). Dua kata ini berbeda maknanya, lalu yang mana. kalau Alter kan nggak masalah.

4. Di setiap kumpulan ada kambing hitam, tapi apa mau semua kambing dihitamkan (ini saya ndak terlalu paham)

5. Jadi, ini bukan kegentingan yang memaksa tetapi memaksakan kegentingan.

Wajah bengong Tjahjo pun tak luput dari pengamatan netizen.

“Wuuiih, keren banget pemaparan @rockygerung soal PERPPU, sampe Tjahjo Kumolo bingung, bengong, plunga-plongo. #ILCPanasPerppuOrmas,” kicau akun @TPK_RI.

Berikut videonya: