Tere Liye: Perubahan UKT 2024, Alasannya Penyederhanaan, Padahal Biar Cepat Dapat Duit

Dagang Pendidikan

Perhatikan screenshot berikut. UKT UI tahun 2023 vs 2024. Dalam contoh ini yang diambil adalah Fakultas Kedokteran. (*screenshot dari Detikcom) 

Tahun 2023, pembagian UKT ini masih 'masuk akal'. Mahasiswa punya kesempatan dapat UKT 2 juta misalnya (K3-K4). Tapi dengan pengelompokan baru, tidak ada lagi. Kelompoknya tinggal, kamu dapat 500 ribu- 1 juta atau, langsung lompat ke K3, 12,5 juta. Atau lebih naik lagi 17,5 jt dan atau 20 juta.

Kenapa pengelompokan UKT ini diubah? Alasan membualnya: biar simpel gitu loh (pejabat kampus pasti fasih deh). 

Alasan sesungguhnya: biar cepat dapat duit. Dengan kelompok UKT tinggal 5, dan jarak antar kelompok sangat jauh, paling mentok hanya 20% saja mahasiswa baru yg akan dapat K1 atau K2. Sisanya silahkan terima nasib K3-K5. Tahun lalu, mahasiswa kelas menengah, masih bisa dapat 6 juta, dgn pengelompokan baru, kamu akan lompat ke 12,5 juta.

Paham?

Maka, jika sebuah keluarga ada 2-3 anak. Tiga2nya ini masuk UI, maka terima nasib orang tuanya perlu dana 20-30 juta per semester. Setahun 60 juta. Tambahkan biaya makan, kost/transportasi, setahun total 120 s/d 150 juta. Bahkan jika gaji orang tuanya Rp 20 juta per bulan, tetap susah payah biayain anaknya kuliah.

Inilah realitas yang dihadapi kelompok menengah negeri ini.

Beasiswa? Duh Rabbi, bisa kamu berhenti ngoceh soal beasiswa? Beasiswa+UKT 500 rb-1 juta itu paling hanya bisa diakses oleh 20% mahasiswa. Sisanya, silahkan berjuang sendiri. Lagian, jika anak itu memang pintar sangat, dia tidak akan kuliah di UI. Rugi banget. Dia bisa kuliah di Harvard, Oxford, dapat beasiswa. Nah, anak yg pintar ini berapa persen sih di Indonesia? Idolamu itu saja cuma IPK 2,3, kuliah di kampus yg rankingnya 1000 lebih. Ngaca dikitlah. Ngoceh beasiswa bla bla, sekolah kedinasan, bla bla, coba idolamu itu disuruh test betulan. Lulus nggak?

Dus, Bapak/Ibu, inilah realitasnya. Jika anak2 kalian masih TK/SD, bersiaplah dari sekarang nabung, kerja keras. Karena 10 tahun lagi, UKT ini jelas akan semakin gila, jika pemerintah hanya sibuk ngurus makan siang, UKT ini mirip kayak tol, secara periodik akan terus naik.

(By Tere Liye)

Baca juga :