Bikin Malu, 100 Ribu Jamaah Umrah Asal Indonesia Kabur di Tanah Suci

Bikin Malu, 100 Ribu Jamaah Umrah Asal Indonesia Kabur di Tanah Suci 

100.000 Jemaah Umrah Indonesia Belum Kembali, Diduga Ada yang Hendak Haji Tanpa Visa

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Dr. Abdul Aziz Ahmad mengatakan, ia mendapat informasi dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi bahwa ada kurang lebih 100.000 jemaah umrah asal Indonesia yang belum pulang ke Tanah Air.

Kemungkinan, beberapa di antaranya akan berhaji tanpa menggunakan visa haji yang resmi dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi.

Aziz mengingatkan kepada para jemaah bahwa ada aturan tidak boleh melaksanakan haji tanpa visa yang resmi.

Beberapa sanksi yang akan diperoleh yaitu Pemerintah Arab Saudi bisa mendeportasi jemaah hingga tidak bisa kembali ke negara tersebut hingga 10 tahun.

Umrah dipermudah, tapi orang kita banyak yang tidak patuh terhadap aturan. 

Inilah kenapa orang Indonesia tidak diperbolehkan mengajukan visa turis secara mandiri ke Saudi. Berbeda dengan warga Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Ratusan ribu orang kita yang kabur ke tanah suci ini menjadi pendatang ilegal yang cara pulangnya harus melalui deportasi.

Banyak dari kejadian jamaah umrah yang kabur juga melalui program umrah mandiri. Umrah berangkat sendiri tanpa ada yang mengawasi, kemudian gak balik lagi ke tanah air.

Umrah kaburan ini merugikan muassasah dan travel yang mengajukan visa, karena mereka didenda minimal 25 ribu riyal (Setara Rp.100 juta) perjamaah yang kabur dan terancam perusahaannya ditutup oleh Kementerian Haji Saudi. 

Mereka yang kabur juga mencoreng nama baik pemerintah Indonesia. Datang atas nama ibadah tapi berlanjut menjadi pendatang ilegal.

(Budi Marta Saudin)

Baca juga :