Untuk Pertama Kalinya, Iran Meluncurkan Serangan ke Israel

[PORTAL-ISLAM.ID] Iran meluncurkan kawanan drone dan puluhan rudal ke arah Israel pada Sabtu malam (13/4/2024) sebagai pembalasan atas pembunuhan komandan senior Iran di Damaskus.

Sirene meraung di seluruh Israel ketika drone mencapai wilayah Israel. Rekaman yang disiarkan oleh Al Jazeera menunjukkan intersepsi pertahanan udara di langit di atas Tel Aviv. Ratusan drone dan puluhan rudal diyakini telah diluncurkan ke Israel.

Gerakan Hizbullah Lebanon yang didukung Iran mengatakan mereka juga menembakkan roket ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, dan Al Jazeera melaporkan serangan Israel di Lebanon tenggara.

Gedung Putih memperkirakan serangan itu akan terjadi dalam beberapa jam. Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei mengatakan “rezim Zionis yang jahat akan dihukum”.

Drone dan rudal "bunuh diri" Shahed terlihat terbang di atas Irak, dan sumber di Yordania dan Damaskus melaporkan mendengar ledakan di atas. Jet tempur AS dan Inggris dilaporkan mencegat beberapa drone antara Iran dan Israel.
 
Reuters melaporkan sumber keamanan Yordania mengatakan pertahanan udara kerajaan akan menembak jatuh drone yang melanggar wilayah udaranya. Militer Israel mengatakan pertahanan udaranya siap untuk mencegah serangan itu.

Lebanon dan Irak telah menutup wilayah udara mereka, dan Israel telah menutup operasi di bandaranya, dengan penerbangan dari Thailand dan UEA dibatalkan.

Israel meminta warganya di Eilat, Dimona, Nevatim dan Golan untuk tetap berada di dekat tempat perlindungan bom, Haaretz melaporkan.

Pada tanggal 1 April, serangan udara menghantam konsulat Iran di Damaskus, menewaskan seorang jenderal dan enam komandan senior lainnya. Iran menuduh Israel, dan Khamenei menjanjikan balas dendam dalam pidato Idul Fitri kepada negaranya.

Sejak perang Gaza pecah pada awal Oktober, sekutu Iran di wilayah tersebut – seperti Hizbullah Lebanon, gerakan Houthi Yaman, dan paramiliter Irak – telah melancarkan serangan terhadap Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Jalur Gaza.

Hamas, yang memimpin serangan Palestina terhadap komunitas Israel di dekat Gaza pada 7 Oktober, juga bersekutu dengan Teheran.

Meskipun perang Israel di Gaza telah meluas menjadi bentrokan di sepanjang perbatasan Lebanon dengan Hizbullah dan serangan roket dan drone dari Yaman, Irak, dan Suriah, terdapat kekhawatiran bahwa serangan terhadap konsulat Damaskus akan meningkatkan konflik lebih lanjut dalam skala regional.

Israel telah berjanji untuk menanggapi setiap serangan Iran. Para pejabat AS mengatakan kepada Middle East Eye bahwa negara-negara Teluk Arab memberi tahu Washington bahwa mereka tidak akan dapat menggunakan wilayah mereka untuk menyerang Iran bersama Israel.

Menteri Pertahanan Iran memperingatkan Teheran akan menanggapi negara mana pun yang "membuka wilayah udara atau wilayahnya untuk serangan Israel terhadap Iran", menurut kantor berita Mehr.

Iran tidak pernah menyerang Israel secara langsung, namun agen-agen Israel diyakini telah melancarkan beberapa serangan terhadap fasilitas dan personel Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden AS Joe Biden sedang bertemu dengan pejabat keamanan. Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengutuk serangan Iran, yang ia gambarkan sebagai tindakan “sembrono”.

[VIDEO]
Baca juga :