Surya Paloh "Man of the Match" Pemilu 2024

Surya Paloh "Man of the Match" Pemilu 2024

Oleh: Erizal

Seperti tak mau ketinggalan, setelah Prabowo memenuhi undangan DPP PKB datang ke markasnya, DPP NasDem yang langsung dipimpin Surya Paloh mendatangi kediaman Prabowo di Kertanegara. Ini membuktikan NasDem satu langkah di depan PKB dan seperti ingin memastikan bahwa NasDem sudah bergabung ke Koalisi Indonesia Maju.

Sebelumnya, Prabowo sudah lebih dulu mendatangi markas NasDem di NasDem Tower. NasDem lebih dulu lempar kartu dengan cara menerima hasil perolehan suara yang diumumkan KPU Maret lalu, dan langsung pula mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran. NasDem paling cepat move-on dibandingkan partai-partai lain.

Paling cepat mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres, paling cepat mengumumkan pasangan Anies-Muhaimin, paling cepat mengakui kemenangan Prabowo-Gibran. Dan mungkin paling cepat juga memastikan diri bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju. Tagline Jusuf Kalla yang dulu pernah populer, lebih cepat lebih baik, diamalkan Surya Paloh dengan cukup baik.

Semua kecepatan yang diambil Surya Paloh membuahkan hasil bagus, tapi terkadang membuahkan kerumitan bagi yang lain. Jokowi sempat ketar-ketir, SBY sempat melow dan hampir nangis bombay, PKS sempat khawatir akan ditinggal sendirian, Prabowo pun dibikin waspada kalau-kalau disalib ditikungan, dan terakhir Anies dan pendukungnya seperti terkesan dipakai dan dimanfaatkan saja.

Surya Paloh memang politisi berkelas. Kata orang, politik jangan dimasukkan ke dalam hati. Itu diamalkan betul oleh Surya Paloh. Hampir semua pihak yang mengalami kerumitan akibat manuver politiknya di atas seperti Presiden Jokowi misalnya, tetap berhubungan baik dan tidak tiba-tiba menjadi musuh bagi Surya Paloh. 

Kalau ada pemilihan "Man of the Match" dalam pertandingan Pemilu kemarin, maka Surya Paloh adalah orang yang layak mendapatkannya.
Baca juga :