MALU-MALUIN......

PKS Berharap Prabowo Ajak Gabung Koalisi seperti PKB dan NasDem

Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al Habsyi, menyebut PKS berharap didatangi Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk diajak bergabung ke koalisi pemerintahan mendatang. Dia membandingkan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai NasDem yang sudah lebih dulu didatangi Prabowo.

"Permasalahannya adalah kita ingin kebersamaan setelah NasDem dan PKB didatangi, mungkin juga PKS pasti akan didatangi, kita berharap gitu toh," ujar Aboe ditemui usai acara Halalbihalal PKS di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 27 April 2024.

Aboe menyebut, PKS sudah berkomunikasi dengan kubu Prabowo. Dia mengklaim, komunikasi yang dilakukan sudah detail. 

Seharusnya, kata Aboe, Prabowo hadir di acara halalbihalal yang diadakan PKS hari ini. Tapi ternyata Prabowo tidak hadir.  

"Saya sudah komunikasi dengan beliau (Prabowo), sudah detail. Ini beliau ada acara halalbihalal keluarga. Nanti kita cari waktu. Muzani (Sekjen Gerindra) harusnya datang, tapi belum datang juga," ucap dia.

Aboe yakin, Prabowo dan PKS akan segera bertemu dalam waktu dekat. Pertemuan itu bisa dilakukan dan kedatangan Prabowo lebih dulu ke PKS, atau bisa juga sebaliknya. 

"Semuanya serba mungkin. Pasti lah kita akan saling menyowani. Bisa dia (Prabowo) duluan, bisa kita duluan. Dalam waktu dekat, hitung saja," ucap dia.

Dia menyebut, PKS dan Prabowo memiliki hubungan yang baik. Pasalnya, PKS sudah dua kali mengusung Prabowo sebagai calon presiden yaitu pada Pilpres 2014 dan 2019.

"Pokoknya anda ikuti saja perdialogan ini, kita lihat insya Allah saya yakin hubungan yang baik yang segajah dan sekutu seperti ini, sekutu dan segajah ini, moga-moga Allah mudahkan," ujar Aboe.

Sebelumnya, dua partai politik di Koalisi Perubahan pendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yakni PKB dan NasDem, sudah menyatakan sikap untuk mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran.

Pernyataan sikap itu sudah disampaikan dalam pertemuan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan Prabowo Subianto di kantor DPP PKB, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2024.

Keesokan harinya, giliran Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang bertemu dengan Prabowo di Kartanegara VI Jakarta Selatan untuk menyatakan kerja sama dengan koalisi pemerintah.

Situasi tersebut membuat PKS menjadi satu-satunya partai pendukung Anies-Muhaimin yang saat ini belum menentukan posisi.

(Sumber: TEMPO)
Baca juga :