Demi Palestina, Ansharullah Yaman Menolak Bujukan Menggiurkan AS Untuk Membuka Blokade Laut Merah

[PORTAL-ISLAM.ID] AS meminta Ansarallah Yaman (Houthi) menghentikan blokade Laut Merah dengan imbalan: Pengakuan atas legitimasinya, Penarikan semua pasukan asing, Pelepasan dana yang dibekukan, Pencabutan blokade, Pembukaan kembali Bandara Sana'a, dll.

Ansarallah menolak semuanya demi Palestina. 

-----------

Dalam penjelasan khusus pada tanggal 3 April – hampir enam bulan setelah Yaman melancarkan operasi angkatan laut yang luas untuk melemahkan kemampuan Israel dalam melancarkan perang di Gaza – Utusan Khusus AS untuk Yaman, Timothy Lenderking memuji pentingnya mencari solusi diplomatik di Yaman dibandingkan dengan solusi militer (hal-hal yang telah didukung keras oleh pemerintahnya selama berbulan-bulan).

Sumber informasi di Yaman mengungkapkan kepada The Cradle bahwa AS menawarkan Sanaa – sebagai imbalan atas netralitasnya dalam perang Gaza yang sedang berlangsung – “pengakuan atas legitimasinya.”

Hal ini berarti mengurangi peran Dewan Kepresidenan yang dipimpin oleh Rashid al-Alimi yang didukung Saudi dan mempercepat penandatanganan peta jalan dengan Riyadh dan Abu Dhabi untuk mengakhiri agresi terhadap Yaman.

Sumber tersebut lebih lanjut mengungkapkan bahwa Amerika berjanji untuk segera melepaskan gaji sektor publik Yaman yang ditahan dari National Saudi Bank, mencabut blokade sepenuhnya terhadap negara tersebut, membuka kembali Bandara Sanaa, melonggarkan pembatasan di pelabuhan Hodeidah, dan memfasilitasi perjanjian pertukaran tahanan yang komprehensif dengan semua pihak yang terlibat. 

Mengenai rekonstruksi, sumber tersebut mengatakan:

[Washington] berjanji untuk memperbaiki kerusakan, menyingkirkan pasukan asing dari seluruh wilayah dan pulau yang diduduki Yaman, dan menghapus Ansarallah dari ‘daftar terorisme’ Departemen Luar Negeri – segera setelah mereka menghentikan serangan mereka untuk mendukung Gaza.

Meskipun ada tawaran yang menggiurkan, yang telah menjadi subyek negosiasi antara Sanaa dan Riyadh selama lebih dari dua tahun, Yaman tetap teguh. Posisi konsisten pemimpin Ansarallah Abdel Malik al-Houthi, sebagaimana ditegaskan kembali dalam pidatonya, adalah terus melanjutkan operasi selama agresi Israel terhadap Gaza masih berlanjut.


Baca juga :