LANGKAH KEBETULAN?

LANGKAH KEBETULAN

Bisa jadi ini suatu kebetulan. Rekomendasi WHO agar kita berjalan kaki minimal 5.000 langkah per hari ternyata setara dengan jarak yang harus ditempuh jamaah haji saat menjalankan tawaf dan sai.

Tawaf adalah berjalan mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali. Meski ukuran setiap sisi Ka'bah hanya 12 meter, namun untuk mengelilingi kiblat shalat itu rata-rata menempuh jarak 250 meter karena saking banyaknya orang. Keliling Ka'bah 7 kali berarti berjalan sejauh 1,75 Km.

Sai adalah berlari kecil antara bukit Safa dan Marwa yang jaraknya 450 meter. Bolak-balik Safa - Marwa 7 kali sama dengan menempuh jarak 3,15 Km. Dengan demikian, seorang jamaah haji yang telah menyelesaikan tawaf dan sai sama dengan telah berjalan dan berlari kecil sejauh 4,9 Km. 

Bila jarak satu langkah setara 0,8 M, maka menempuh jarak 4,9 Km setara dengan berjalan kaki dan berlari kecil sebanyak 5.593 langkah.

Nah, teman-teman yang tahun ini berkesempatan menunaikan ibadah haji, saya sarankan mulai rajin berolahraga jalan kaki. Mulailah dari berapa pun. Pasang  target 5.000 langkah akan tercapai sebulan lagi. 

Bila sudah bisa jalan kaki 5.000 langkah, tandanya fisik Anda dalam keadaan sehat. Menambah 593 langkah lagi bukan masalah yang berat.

Sebuah kebetulan yang menarik bukan?

(Joko Intarto)

Baca juga :