Drone “Israel” yang Dipakai di Perang Gaza Muncul di Saudi Defense Expo

[PORTAL-ISLAM.ID] RIYADH – Drone “Israel” yang sebelumnya dirahasiakan, yang dikenal sebagai Orbiter 4, secara tak terduga muncul di pameran pertahanan baru-baru ini di Arab Saudi, menurut laporan Walla.

Dikembangkan oleh Kementerian Pertahanan “Israel”, sistem ini terdiri dari drone yang dirancang untuk pengumpulan intelijen, spionase, dan bahkan misi pembunuhan. Bagian utamanya, drone Orbiter 4, menawarkan waktu terbang yang lama dan kemampuan multi-sensor, sehingga sulit untuk dideteksi dan dihancurkan.

Drone tersebut sedang diuji di Gaza dalam perang genosida “Israel”, di mana media “Israel” mengatakan bahwa drone tersebut memainkan peran penting dalam mengumpulkan intelijen dan memantau medan perang, di mana beberapa drone miliknya ditembak jatuh.

Kemunculannya yang tidak terduga di Pameran Pertahanan Dunia 2024 di Riyadh pada awal Februari menimbulkan pertanyaan tentang kendali “Israel” atas teknologi drone yang diekspor dan hubungan rahasia negara Teluk tersebut dengan “Israel”.

Menurut situs “Israel” Walla, yang menerbitkan klaim tersebut, Azerbaijan, yang memegang lisensi untuk memproduksi Orbiter 4, mungkin bertanggung jawab atas penayangannya di Arab Saudi.

Namun, pakar keamanan “Israel” memperingatkan bahwa setelah mengekspor, “Israel” kehilangan kendali atas siapa yang memperoleh dan menggunakan drone tersebut, sehingga berpotensi menimbulkan risiko keamanan. Yang semakin memperumit masalah ini adalah tidak adanya catatan publik mengenai penjualan drone ke negara-negara Teluk dalam beberapa tahun terakhir.

Kementerian Keamanan “Israel”, yang bertanggung jawab mengawasi ekspor tersebut, menolak mengomentari laporan tersebut, sementara produsen drone, Aeronautics, mengaku tidak mengetahui tampilan tersebut dan bersikeras bahwa mereka mematuhi peraturan ekspor.

Drone yang dikembangkan oleh Aeronautics untuk Angkatan Udara “Israel” ini menawarkan kemampuan yang mengesankan, termasuk waktu penerbangan yang lebih lama dan desain yang tersembunyi.

Orbiter 4, yang dijuluki “Spark” oleh militer “Israel”, dapat mengudara hingga 25 jam dan membawa banyak sensor, termasuk kamera dan radar. Daya tahan yang diperluas ini memungkinkan operasi pengawasan berkelanjutan.

Ini adalah bagian dari program bernilai miliaran dolar yang disebut “Storm Clouds,” yang bertujuan untuk melengkapi militer “Israel” dengan armada drone canggih untuk pengawasan terus-menerus.

“Israel” telah mengerahkan drone canggih dengan berbagai kemampuan terhadap warga sipil di Gaza dan Tepi Barat. Serangan “Israel” telah menimbulkan kehancuran di Gaza, dengan lebih dari 28.000 orang syahid, lebih dari 70% di antaranya adalah wanita dan anak-anak, menurut pejabat kesehatan setempat di daerah kantong yang terkepung tersebut.

Arab Saudi belum memiliki hubungan diplomatik dengan “Israel” namun kedua negara diketahui terlibat dalam koordinasi keamanan rahasia, terutama terhadap Iran dan musuh bersama. (arrahmah.id)
Baca juga :