Belajar Tentang KEJAYAAN KHILAFAH ISLAM dari THOMAS LEMBONG

[PORTAL-ISLAM.ID]  Thomas Trikasih Lembong, lebih dikenal dengan nama Tom Lembong, mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Menteri Perdagangan Indonesia, yang kini masuk Tim 01 sebagai Co-Captain Timnas AMIN (Anies-Muhaimin).

Tom Lembong seorang Katolik, lulusan Universitas Harvard tahun 1994, peraih penghargaan dunia Young Global Leader (YGL) oleh World Economic Forum di Davos, 2008.

Tak menyangka Tom Lembong pernah mengungkap kekagumannya pada pencapain Peradaban Islam, khususnya masa Kekhalifahan Umayyah dan Abbasiyah, yang menjadi tonggak ilmu pengetahuan dan penemuan teknologi modern di saat dunia Barat mengalami masa kegelapan (The Dark Middle Age).

"Seluruh ilmu pengetahuan dan matematika akan hilang, jika tidak diselamatkan oleh para cendekiawan Muslim," kata Tom Lembong.

"Khalifah Abbasiyah, seperti Harun Al Rasyid mendirikan akademi di Baghdad, disanalah para cendekiawan Muslim seperti Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi mengembangkan prinsip-prinsip modern Matematika. Mengenalkan sistem penomoran 0-9 menggantikan sistem penomoran Romawi yang rumit. 

Tanpa penyederhaan radikal ini, kita tidak mungkin mengembangkan matematika modern seperti sekarang," papar Tom Lembong.

Simak selengkapnya vidio THOMAS LEMBONG.

[VIDIO]
Baca juga :