New York Times: Setelah lebih 100 hari perang, di kalangan komando tinggi militer Israel mulai ragu bisa menumpas Hamas, mereka memilih negosiasi untuk pembebasan sandera

[PORTAL-ISLAM.ID] Menurut artikel The New York Times (20/1/2024), saat ini para komandan Israel sendiri sudah ragu apakah bisa mengalahkan Hamas, dan lebih inginkan negosiasi pembebasan sandera.

Menurut rilis Al Qassam: Israel telah kehilangan 1000 kendaraan tempur, dan puluhan tentara tewas setiap hari.

The New York Times melaporkan dalam artikelnya:

Setelah lebih dari 100 hari perang, kemajuan terbatas Israel dalam menumpas Hamas telah menimbulkan keraguan di kalangan komando tinggi militer mengenai kelayakan jangka pendek untuk mencapai tujuan utama negara tersebut pada masa perang: memberantas Hamas dan juga membebaskan sandera Israel yang masih berada di Gaza.

Israel telah menguasai sebagian kecil wilayah Gaza pada saat perang dibandingkan dengan yang direncanakan dalam rencana pertempuran sejak awal invasi, yang ditinjau oleh The New York Times. Kecepatan yang lebih lambat dari yang diharapkan telah menyebabkan beberapa komandan secara pribadi mengungkapkan rasa frustrasi mereka atas strategi pemerintah sipil di Gaza, dan membuat mereka menyimpulkan bahwa kebebasan lebih dari 100 sandera Israel yang masih berada di Gaza hanya dapat diperoleh melalui cara-cara diplomatik dan bukan militer.

Tujuan ganda yaitu membebaskan para sandera dan menghancurkan Hamas kini tidak sejalan, menurut wawancara dengan empat pemimpin senior militer Israel, yang berbicara tanpa menyebut nama karena mereka tidak diizinkan untuk berbicara secara terbuka tentang pendapat pribadi mereka.

Ada juga pertentangan antara berapa lama Israel perlu memberantas Hamas sepenuhnya – sebuah kerja keras yang memakan waktu lama di terowongan bawah tanah kelompok tersebut – dan tekanan, yang diterapkan oleh sekutu Israel (AS dan Eropa), untuk segera mengakhiri perang di tengah meningkatnya kematian warga sipil.

Perpecahan di tubuh Israel

Setelah hampir 15 minggu perang, perpecahan tajam di Israel mengenai langkah ke depan mulai terlihat. Dalam beberapa hari terakhir, para pengunjuk rasa menuntut tindakan untuk membebaskan sandera, seorang menteri kabinet perang mengkritik kampanye militer negara tersebut dan perdana menteri Israel secara terbuka mengesampingkan solusi dua negara.

Baca juga :