Bener gak berita ini? Memang ada beritanya di The Jerusalem Post

[PORTAL-ISLAM.ID] Berita CNNIndonesia berjudul "Prabowo Disebut Upayakan Normalisasi Relasi RI-Israel" kembali ramai diperbincangkan di media sosial.


Berita 14 Januari 2022 ini kembali ramai beredar di tengah pembantaian Israel terhadap Gaza yang sampai kemarin (3 Januari 2024) telah menewaskan 22 ribu lebih warga Gaza.

"Barusan temen DM nanyain soal ini bener apa enggak. Ikutan googling, dan ternyata emang ada berita nya di The Jerusalem Post," ujar akun twitter @primawansatrio.
 
The Jerusalem Post memuat berita dengan judul dan isi berita sbb:

"Agriculture led Indonesia’s defense minister talk normalization Israel"

Pertanian membuat Menteri Pertahanan Indonesia membicarakan normalisasi Israel

Kerja sama pertanian telah memainkan peran besar dalam menghangatnya hubungan antara Israel dan Indonesia baru-baru ini, dimana Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto memimpin upaya tersebut dari Jakarta.

Serangkaian pertemuan, pernyataan, dan laporan baru-baru ini dalam beberapa bulan terakhir tahun 2021 menunjukkan bahwa Israel dan Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, semakin dekat.

Kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik formal, namun mereka bekerja sama di bidang perdagangan dan pariwisata.

Pada tahun 2016, wakil menteri luar negeri Israel saat itu, Tzipi Hotovely – yang sekarang menjadi duta besar untuk Inggris – mengatakan Israel terus melakukan kontak dengan negara multi-pulau Oseania dan berharap dapat menjalin hubungan resmi.

Subianto bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Israel Eyal Hulata pada sebuah konferensi di Manama pada November lalu, dan ia terlihat berbicara dengan kuasa usaha Israel di Bahrain, Itay Tagner, pada acara yang sama. 

Setelah foto tersebut dipublikasikan (foto di atas yang dimuat CNN -red), Subianto mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa dirinya tidak dilarang berbicara dengan pejabat Israel jika hal tersebut demi kepentingan nasional.

Baru-baru ini, seorang pejabat diplomatik senior mengonfirmasi bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah membicarakan topik tersebut dengan mitranya di Jakarta bulan lalu, dan Yerusalem telah diberitahu sebelumnya.

“Ini adalah proses yang panjang,” kata pejabat itu. “Ada satu pertemuan, lalu pertemuan lainnya, pesawat tak bertanda, dan semua hal sinematik yang menyertainya – dan kemudian, suatu hari, hal itu terjadi.”

Beberapa dari pertemuan rahasia tersebut datang dari sumber yang tidak terduga: kerja sama pertanian.

Oktober lalu, Subianto mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Indonesia pada tahun 2024. Seperti banyak pemimpin negara-negara Arab dan Muslim lainnya yang mengincar hubungan dengan Israel, Subianto memandang Yerusalem sebagai perhentian dalam perjalanan menuju hubungan yang lebih baik dengan Washington, kata sebuah sumber yang mengetahui hal tersebut.

Namun calon presiden tersebut sudah bekerja sama dengan Yerusalem selama beberapa bulan sebelumnya dalam bidang pertanian dan ketahanan pangan.

SHMUEL FRIEDMAN, seorang konsultan pertanian, pengusaha dan penasihat senior mantan menteri pertanian Yair Shamir, telah bekerja di pusat penelitian dan pengembangan pertanian di Indonesia.

Salah satu mitra dalam proyek tersebut – dan mitra lain yang melibatkan keahlian pertanian Israel – adalah Subianto.

“Ketahanan pangan bagi suatu negara tidak kalah pentingnya dengan keamanan itu sendiri, dan [Subianto] sepenuhnya setuju dengan saya mengenai hal itu,” kata Friedman minggu ini. “Itulah yang kami tahu [bagaimana] untuk dibawa. Pada akhirnya, kami memberikan hasil dan melihat kepuasan para petani, jadi tidak peduli dari mana asalnya.”

Friedman mengatakan dia mengetahui pembicaraan normalisasi antara Yerusalem dan Jakarta, namun tidak terlibat dalam sisi politik.

“Saya percaya bahwa hubungan antar negara harus dimulai dari sana, dengan ketahanan pangan,” katanya. “Bukan dengan senjata – (tapi) dengan makanan.”

Baca juga :