100.000 Warga Gaza Syahid, Terluka, dan Hilang dalam 100 Hari

[PORTAL-ISLAM.ID] GAZA – Sebanyak 100.000 warga Gaza Palestina telah syahid, terluka atau dilaporkan hilang dalam 100 hari terakhir serangan “Israel” di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, kata Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Mediterania (Euro-Mediterania Human Rights Monitor) pada Ahad (14/1/2024).

“Sekitar 100.000 warga Palestina telah terbunuh, dilaporkan hilang, atau terluka sejak 7 Oktober 2023 akibat genosida “Israel” yang sedang berlangsung di Jalur Gaza,” kata kelompok hak asasi manusia tersebut, “dan mencatat bahwa jumlah tersebut termasuk mereka yang kini memiliki disabilitas jangka panjang.”

Pernyataan itu menyebutkan, jumlah warga Palestina di Gaza yang dibunuh “Israel” hingga Sabtu (13/1/2024) mencapai 31.497 orang.

“Dari mereka yang tewas dalam serangan udara dan artileri “Israel” di Jalur Gaza, 28.951 (92%) adalah warga sipil, termasuk 12.345 anak-anak, 6.471 wanita, 295 personel kesehatan, 41 personel pertahanan sipil, dan 113 jurnalis,” keluh kelompok tersebut.

“Sementara itu, 61.079 orang terluka, ratusan di antaranya kritis,” katanya.

Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa angka-angka yang dibagikan mencakup “orang-orang yang hilang setelah ditangkap dan dihilangkan secara paksa oleh tentara “Israel”, serta mereka yang terjebak di bawah puing-puing bangunan yang terkena serangan udara dan artileri “Israel” berturut-turut selama lebih dari 14 hari sampai sekarang dan oleh karena itu dianggap meninggal.”

“Ratusan jenazah yang tidak dapat ditemukan karena kekerasan “Israel” yang sedang berlangsung masih berada di jalan, terutama di daerah di mana tentara “Israel” melakukan serangan darat,” Euro-Med menekankan.

Kelompok tersebut lebih lanjut mencatat bahwa “sekitar 1,955 juta warga Palestina, sekitar 85% dari total populasi Jalur Gaza, telah mengungsi dari rumah dan daerah permukiman mereka di tengah kurangnya tempat berlindung yang aman, karena 69.700 unit rumah telah hancur total dan 187.300 unit rumah telah hancur sebagian.”

“Fasilitas yang menjadi sasaran “Israel” selama serangan yang sedang berlangsung termasuk 320 sekolah; 1.671 fasilitas industri; 183 fasilitas kesehatan, termasuk 23 rumah sakit, 59 klinik, dan 92 ambulans; 239 masjid; tiga gereja; dan 170 kantor pers,” katanya.

Kelompok hak asasi manusia tersebut menggarisbawahi bahwa Israel “terus meningkatkan serangan militernya terhadap warga sipil Palestina dalam upaya nyata untuk memperluas wilayahnya hingga mencakup seluruh Jalur Gaza, mencabut sebagian besar penduduk Jalur Gaza dan melanggar hukum internasional.”

“Ini kemungkinan besar merupakan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan genosida,” kata organisasi yang berbasis di Jenewa ini.

“Israel sengaja menargetkan infrastruktur sipil untuk menimbulkan korban jiwa, kerugian material, dan kehancuran umum sebanyak mungkin sebagai bentuk pembalasan dan hukuman kolektif.

“Ini bertentangan dengan hukum kemanusiaan internasional, Konvensi Jenewa 1949, dan merupakan kejahatan perang menurut Statuta Roma, yang mengatur Pengadilan Kriminal Internasional,” kata organisasi tersebut.

Kelompok hak asasi manusia tersebut menggarisbawahi pentingnya kasus genosida yang diajukan Afrika Selatan terhadap “Israel” di Mahkamah Internasional (ICJ), dan menggambarkannya sebagai “preseden sejarah dan langkah pertama untuk meminta pertanggungjawaban Israel di tingkat peradilan internasional dan melanggar kekebalannya.”

“Gugatan tersebut – apa pun hasilnya – memberikan tekanan nyata pada “Israel”, dan jika Pengadilan memutuskan untuk mengambil tindakan segera dan sementara sebagai langkah pertama, “Israel” dan sekutunya akan terpaksa menghadapi masalah politik, hukum, dan dampak moral yang lebih mahal,” Euro-Med menekankan.

Baik Afrika Selatan maupun Israel, dalam dua hari terakhir, telah menyelesaikan permohonan masing-masing di hadapan Pengadilan, kata Euro-Med Monitor. Mahkamah Internasional saat ini sedang meninjau kasus ini dan akan mengambil keputusan mengenai tindakan mendesak dan sementara yang diminta oleh Afrika Selatan, yang paling penting adalah diakhirinya tindakan militer Israel di dalam dan terhadap Jalur Gaza.

Euro-Med Monitor memperbarui seruannya untuk melakukan penyelidikan internasional terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi sejak Israel memulai perang genosida di Jalur Gaza, dan agar masyarakat internasional berupaya mengakhiri impunitas yang dinikmati Israel. Mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan Israel harus dimintai pertanggungjawaban, kata Euro-Med Monitor. Kelompok tersebut menuntut agar semua orang yang mengeluarkan dan melaksanakan perintah brutal terhadap warga Palestina di Jalur Gaza diadili, dan setiap korban diberi kompensasi yang adil.



Baca juga :