Hasil Survei Terbaru CSIS Anies-Muhaimin Melampaui Ganjar-Mahfud, Optimis Masuk Putaran Dua

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei elektabilitas Pilpres pasca debat capres perdana. 

CSIS mencatat elektabilitas pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) mengungguli pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

"Kami menemukan bahwa elektabilitas pasangan 01 sejumlah 26,1 persen dan 03 sejumlah 19,4 persen," kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, dalam rilis survei bertajuk 'Peta Pilpres Terkini Pascadebat Capres', Rabu, 27 Desember 2023.

Sementara itu, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapat angka 43,7 persen. 

Lalu, responden yang belum menentukan pilihan 6,4 persen dan tidak menjawab 4,5 persen.

"Saat survei dilakukan dia (responden) mengaku rahasia, tidak mau memberikan jawaban pilihannya atau dia belum menentukan pilihan. Tapi ada juga responden yang ketika survei dilakukan dia nggak bersedia menjawab tidak tahu atau tidak jawab," jelas Arya.

Arya Fernandes mengatakan survei ini dilakukan sehari setelah debat capres. Dia juga mengingatkan elektabilitas ini bisa berubah sesuai perkembangan politik.

"Jadi ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu dan harapan untuk menentukan kerja politik, kedua situasi bisa aja ada perubahan tipis naik atau turun karena ada debat, jadi putaran debat masih ada 3 kali. Ketiga aktivitas mobilitas kampanye paslon," kata Arya saat memaparkan hasil survei di YouTube CSIS, Rabu (27/12/2023).

Survei CSIS dilakukan pada 13-18 Desember 2023. Jajak pendapat itu dilaksanakan melalui wawancara tatap muka dengan melibatkan 1.300 responden.

Metode yang digunakan yakni multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga :