NAH INI YANG BENER, PENJELASAN CLEAR TENTANG MANA MASJID AL AQSA, JANGAN BINGUNG LAGI YA GAES

Saya paham sih, kenapa tiap kali ada postingan foto dengan background Kubah Assakhra langsung nitizen menyerbu dengan bahasa : 

"Itu bukan masjidil Aqsa"

"Masjidil Aqsa yang asli yang kubahnya abu-abu."

"Jangan mau dipropaganda zionis" 

Dll. Dll.

Dahsyatnya yang komen justru orang yang belum pernah ke Aqsa. 😅

Ya, saya paham sih, kenapa nitizen seperti ini. Karena informasi yang masuk ke benak mereka adalah informasi yang salah!

-- 

Saya paham sih, kenapa ada yang salah memahami mana yang disebut Masjid Aqsa padahal belum pernah ke Aqsa, karena, yang sudah pernah ke Aqsa pun, kalau tidak mendengarkan dengan baik atau mempelajari lagi, kadang mereka sering kurang tepat dalam menjelaskan mana yang disebut masjidil Aqsa. 

Pasalnya, ketika local guide menjelaskan sejarah panjang Aqsa dalam waktu singkat, jamaahnya pun gak seluruhnya fokus mendengarkan,  karena sebagian ada yang asyik foto-fotoan. #eh 

Hayo yang udah ke Aqsa tapi masih bingung mana yang disebut Masjidil Aqsa ngacungg! 

---

Saya paham sih kenapa yang sudah ke Aqsa pun masih bingung, karena di atas pintu menuju lorong di bawah Masjid Qibli tertulis jelas: Old Aqsa (الاقصى القديم). 
Mungkin karena ini mereka bingung. Hingga melekat di benak mereka, bahwa, masjidil Aqsa hanyalah itu. 

Padahal itu tidak tepat!

Karena, saat Rasulullah Isra dan Mi'raj, tidak ada bangunan apapun di sana!

Bangunan pertama yang ada di Masjidil Aqsa adalah ketika zaman Umar Bin Khattab. Bangunan ini sangat sederhana. Dibangun dengan kayu. Dan bangunan itu sudah hancur. 

Di atas lokasi masjid yang dibangun oleh Umat bin Khatab inilah yang kini ada bangunan Masjid Qibli,  masjid yang mengarah ke kiblat (Mekkah)

Jika dilihat dari kapan dibangunnya, Masjid Qibli ini lebih anyar dibanding pembangunan Masjid Kubah Assakhra yang lebih dahulu dibangun. Keduanya dibangun di zaman Bani Umayah. Puluhan tahun setelah Rasulullah wafat.

Jika catatan sejarahnya seperti ini, kenapa ada yang bikin konten dan bilang bahwa masjidil Aqsa yang asli adalah yang kubah abu-abu dan yang kubah emas bukan Aqsa? Padahal saat Isra Mi'raj, tidak ada bangunan apapun di Masjidil Aqsa!

Ya karena kurangnya literasi yang dibaca. Cmiiw.

---

Saya bisa paham sih, kenapa ada kesimpulan orang yang foto di Dome of The Rock (Kubah Assakhra), dan dianggap telah termakan propaganda.

Ya, karena mereka tidak paham. 

Ya, karena mereka cuma tercekoki dengan konten-konten yang menyesatkan, tanpa check and recheck kebenaran konten itu.

Soooooo, untuk yang masih menganggap Kubah Assakhra (kubah emas)  bukan Aqsa dan menganggap masjidil Aqsa yang asli adalah yang masjid Qibli (kubah abu-abu), jangan-jangan Anda lah yang terkena propaganda itu. *Dezigh!!

Karena sejatinya Masjidil Aqsa adalah sebuah area seluas 14,4 hektar yang di dalamnya terdapat:
- Kubah Assakhra
- Qibli
- Alqadim
- Buraq
- Almarwani
- Bab Rahmah 
- Museum
- Madrasah
- Sumur-sumur
- Petilasan-petilasan
- dll. 

Jadiii, kesimpulannnya adalah:

Masjidil Aqsa adalah kawasan seluas 14,4 hektar. Jangan dipisah-pisahkan.

Semoga mencerahkan 

Salam, 

Mbak Butet 
(Founder komunitas AYO KE AQSA)

Baca juga :