Zionis indon pada gak komen... DI SINI PADA BUTA, ENTAH ITU MATA APA HIASAN

Israel Bom Gereja Tertua di Jalur Gaza, 8 Orang Tewas

GAZA - Setidaknya delapan orang tewas usai Israel meluncurkan serangan udara ke gereja tertua di Jalur Gaza Palestina, Gereja Ortodoks Yunani Saint Porphyrius, pada Kamis malam (19/10/2023).

Al Jazeera melaporkan puluhan orang juga mengalami luka imbas serangan tersebut.

Gereja itu menjadi tempat penampungan sementara bagi warga sejak pasukan Israel membombardir Gaza.

Halaman dan koridor gereja menjadi tempat berlindung bagi umat Islam dan Kristen di Gaza di saat perang.

Sebelum dibombardir, uskup di Gereja Saint Porphyrius Elias sempat memprediksi Israel bisa saja menargetkan bangunan itu.

"Militer Israel telah mengebom banyak tempat perlindungan, saya tak yakin Israel tak akan membom gereja," ungkap Elias seperti dikutip Al Jazeera.

Dia lalu mengatakan setiap serangan terhadap gereja, tak hanya merupakan serangan terhadap agama, tetapi juga merupakan serangan terhadap kemanusiaan.

Tempat ibadah tersebut merupakan bangunan yang memiliki sejarah panjang. Gereja ini dibangun pada 1150 hingga 1160 M oleh Tentara Salib.

Gereja ini juga kerap memberi penghiburan bagi warga Palestina apalagi di masa-masa sulit seperti sekarang, demikian dikutip Al Jazeera.

Serangan ke gereja ini berlangsung tiga hari setelah sebelumnya roket Israel membom Rumah Sakit Baptis Al Ahli di Jalur Gaza yang menewaskan 500 orang lebih dan melukai ratusan lainnya.
Baca juga :