Pengajian Mualaf dengan Background Salib

Oleh: Widi Astuti

Kajian mualaf adalah salah satu program Mualaf Center Kabupaten Semarang Jawa Tengah yang dilaksanakan di dusun minoritas muslim. Sebuah kajian yang dilaksanakan anjangsana dari rumah ke rumah. Berharap bisa semakin mempererat tali silaturahim sekaligus memperkuat keimanan.

Hari Sabtu 2 Agustus 2023 kemarin, kami melaksanakan program tersebut di sebuah dusun yang disana hanya terdapat 15 KK muslim. Dan masih banyak diantara mereka yang keluarganya campuran. Dalam arti dalam satu keluarga terdapat dua keyakinan. Sehingga mudah ditemui dalam satu keluarga terdapat atribut dua agama.

Seperti sore kemarin. Kajian dilaksanakan di sebuah rumah mualaf yang keluarganya masih nasrani. Sebagaimana umumnya umat nasrani yang memajang tanda salib di dinding, maka merekapun demikian. Sebuah syi'ar dalam keyakinan mereka. 

Sebuah pemandangan yang unik dan mungkin jarang dijumpai di tempat lain. Kajian dengan background salib. Mungkin terlihat aneh, tapi memang beginlah kondisi yang ada. 

Kami bersyukur mualaf tersebut tetap mengimani Alloh sebagai Tuhannya meskipun harus berbeda dengan keluarganya. Dan kami juga berterima kasih kepada keluarganya yang telah mengijinkan rumah mereka sebagai tempat kajian. Sebuah toleransi yang indah.

Medan dakwah Mualaf Center Kab Semarang memang unik. Mungkin jarang dijumpai di daerah lain. Membuat kami harus begitu berhati-hati dalam melangkah. Agar bisa menjaga semua fihak dengan baik.

Alhamdulilah kajian mualaf sudah dilaksanakan secara rutin. Tak hanya di dusun tersebut tetapi juga di tempat lain. Berharap dengan kajian ini bisa semakin menguatkan keimanan mereka. Dan semakin membuat mereka nyaman dalam beribadah. Karena mayoritas mualaf itu belum bisa menghafalkan dia sholat dengan baik. Sebuah perjuangan tersendiri bagi mereka. Semoga dimudahkan segala urusan para mualaf, aamiin.

(fb)
Baca juga :