Eks Menteri Kelautan Bu Susi Pudjiastuti Sampai Tepok Jidat, Melihat Kondisi Jawa Tengah dan Kebijakan Ekspor Pasir Laut

[PORTAL-ISLAM.ID] Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyoroti beberapa desa di Provinsi Jawa Tengah yang dikepung air laut.

Diketahui hal tersebut diakibatkan karena naiknya permukaan air laut dan penurunan permukaan tanah sehingga wilayah itu dikelilingi air laut.

Adapun wilayah yang dimaksud yaitu Desa Timbulsloko, Demak, Jawa Tengah. Dalam potret yang dibagikan Antara News, tampak warga memanfaatkan jalan setapak yang dibuat dari kayu untuk melintas.

Menanggapi hal tersebut, Susi menyayangkan tindakan pemerintah yang justru mengizinkan kembali ekspor pasir laut melalui Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 Tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi Laut.

“Sementara kita membuka ekspor pasir,” tulis Bu Susi dengan gambar tepok jidat di akun Twitter pribadinya pada Senin (12/6/2023).

Seperti diketahui, setelah dihentikan selama 21 tahun, Indonesia kini kembali membuka pintu ekspor pasir laut ke Singapura sejak tanggal 15 Mei 2023. 

Tentu saja kebijakan tersebut menuai soroton publik karena dampak kerusakan lingkungan yang akan ditimbulkan oleh kebijakan pengerukan pasir laut.
Baca juga :